Penyebab Jatuhnya Jet Tempur F-35 AS di Eglin, dari Software hingga Helm

Kamis, 08 Oktober 2020 - 09:09 WIB
loading...
Penyebab Jatuhnya Jet Tempur F-35 AS di Eglin, dari Software hingga Helm
Pesawat jet tempur siluman F-35A Lightning II Angkatan Udara Amerika Serikat. Foto/REUTERS/Ints Kalnins
A A A
EGLIN - Jet tempur siluman F-35A Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) jatuh pada 19 Mei 2020 lalu di Eglin Air Force Base (AFB). Penyebab utamanya adalah kecepatan pendaratan yang berlebihan.

Namun, investigasi Angkatan Udara mengungkap faktor penyebab lain di balik kecelakaan tersebut, yakni masalah dengan tampilan yang dipasang di helm, sistem oksigen jet tempur, dan pelatihan simulator yang tidak efektif. (Baca: Jet Tempur Siluman F-35 AS Senilai Rp1,3 Triliun Jatuh di Florida )

Menurut laporan yang dirilis 30 September, Badan Investigasi Kecelakaan (AIB) menemukan alasan utama kecelakaan itu adalah pilot yang menetapkan "speed hold" 202 knot menunjukkan kecepatan udara untuk pendaratan, 50 knot terlalu cepat, sementara sudut pendekatan jet tempur juga terlalu dangkal.

Penyebab utama kedua adalah permukaan kontrol penerbangan ekor yang "bertentangan" dengan upaya pilot untuk memulihkan jet setelah terpental di landasan pacu, masalah yang menurut Angkatan Udara adalah "anomali yang belum ditemukan sebelumnya dalam logika kontrol penerbangan pesawat". Pesawat dan pilot dengan cepat tidak sinkron saat komputer penerbangan memerintahkan hidung ke bawah sementara pilot memerintahkan hidung ke atas, mencoba untuk membatalkan pendaratan dan berputar-putar. Merasa bahwa dia sedang "diabaikan" oleh pesawat, pilot itu keluar, mengalami luka yang signifikan tetapi tidak mengancam nyawa.

Selain itu, tampilan yang dipasang di helm tidak sejajar dan mengganggu pilot selama fase kritis penerbangan yang ditentukan oleh AIB. Sistem pernapasan pesawat juga menyebabkan kelelahan yang berlebihan, yang menyebabkan "degradasi kognitif", sementara instruksi simulator yang tidak efektif berarti pilot kurang memiliki pengetahuan yang cukup tentang sistem kontrol penerbangan pesawat. (Baca: Jet Tempur Siluman F-22 Raptor AS Jatuh di Florida )

Pesawat dari Skuadron Tempur ke-58 tersebut berguling setelah dilontarkan dan menghantam landasan. Jet tempur senilai hampir USD176 juta itu dinyatakan rusak total. Pilot memiliki pecahan kanopi dan benda asing lainnya yang bersarang di mata dan lengannya, dan cedera kompresi tulang belakang.

Laporan tersebut tidak membahas tindakan korektif atau pembatasan keselamatan penerbangan akibat kecelakaan tersebut. Angkatan Udara dan Lockheed Martin merujuk semua pertanyaan ke Kantor Program Gabungan F-35, yang tidak segera memberikan komentar. Komando Pendidikan dan Pelatihan Udara tidak segera menanggapi pertanyaan.

Kecelakaan itu terjadi pada akhir misi malam di mana pilot, seorang instruktur, sedang melatih seorang siswa tentang teknik pertempuran udara. Menurut laporan tersebut saat kembali ke pangkalan, ia menetapkan speed hold berlebih pada 202 knot—yang menurut investigasi adalah "bukan manuver resmi"—dan sudut serang dangkal 5,2 derajat, bukannya 13 derajat yang diinginkan. Pilot gagal melepaskan speed hold pada waktu yang tepat, dan tidak ada "peringatan yang terdengar" untuk konfigurasi berbahaya ini. (Baca: Qatar Layangkan Permintaan Resmi Boyong Jet Tempur F-35 AS )

Jet tempur mendarat hampir secara bersamaan di semua roda pendaratan dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga roda depan didorong kembali ke atas, menyebabkan jet kembali mengudara. Saat pilot mencoba memulihkan diri, jet dan pilot tidak sinkron karena "beberapa input kontrol penerbangan yang saling bertentangan".

Perangkat lunak (software) kontrol menjadi jenuh dan tidak responsif, dan akhirnya membiaskan permukaan kontrol penerbangan ke arah hidung ke bawah, ketika pilot akan melakukan pembakaran dan mencoba untuk menaikkan hidung dan mendapatkan ketinggian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)