Gadis Remaja Jadi PM Finlandia Selama Sehari

Kamis, 08 Oktober 2020 - 03:38 WIB
loading...
Gadis Remaja Jadi PM Finlandia Selama Sehari
Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin (Kiri) dan Aava Murto. Foto/freemalaysiatoday
A A A
HELSINKI - Dalam rangka Hari Gadis PBB, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin menyerahkan kursi kepemimpinannya kepada seorang gadis remaja berusia 16 tahun selama sehari.

Aava Murto menjadi gadis yang beruntung tersebut. Ia mungkin tidak membuat undang-undang baru, tetapi dia bertemu dengan politisi sepanjang hari untuk menyoroti hak-hak perempuan dalam teknologi.

Finlandia selama ini mungkin berada dalam daftar teratas untuk kesetaraan gender, tetapi apa yang dilakukan oleh Marin yang telah berjuang untuk mengakhiri kesenjangan gender selangkah lebih maju.(Baca juga: Finlandia Ubah Nama 'Pulau Negro' di Tengah Protes Anti Rasisme Global )

Pertukaran ini juga merupakan bagian dari kampanye global oleh badan amal anak-anak.

Ini adalah tahun keempat Finlandia mengambil bagian dalam "Girls Takeover" Plan International, yang memungkinkan para remaja dari negara-negara di seluruh dunia untuk menjadi pemimpin dalam politik dan sektor lain selama sehari.

Fokus tahun ini adalah mempromosikan keterampilan digital dan peluang teknologi untuk anak perempuan, dengan Kenya, Peru, Sudan, dan Vietnam di antara negara-negara yang memiliki pertukaran mereka sendiri.

"Senang sekali bisa berbicara di sini sebelum Anda hari ini - meskipun, saya harap saya tidak harus berdiri di sini, bahwa kampanye seperti Girls 'Takeover tidak lagi diperlukan," kata Murto dalam pidatonya.

"Namun, kenyataannya adalah bahwa kita belum mencapai kesetaraan gender - tidak di mana pun di dunia. Meskipun kita telah mencapai banyak hal baik di bidang ini, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan," imbuhnya seperti dilansir dari BBC, Kamis (8/10/2020).

Remaja yang aktif mengkampanyekan isu iklim dan HAM ini mengajukan diri untuk mengikuti skema tersebut. Dia akan mengakhiri hari dengan bertemu perdana menteri untuk membahas kesetaraan gender dalam teknologi pada Rabu malam waktu setempat.

Berbicara sebelum acara tersebut, Perdana Menteri Finlandia Marin menekankan pentingnya memastikan teknologi dibuat dapat diakses oleh semua orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)