Bukan di Bilik, Astronot NASA Ini Berikan Suara Pilpres dari Luar Angkasa

Minggu, 27 September 2020 - 15:21 WIB
loading...
Bukan di Bilik, Astronot NASA Ini Berikan Suara Pilpres dari Luar Angkasa
Astronot NASA Kate Rubins. Foto/Flickr
A A A
WASHINGTON - Astronot NASA Kate Rubins berencana memberikan suaranya untuk pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) 2020 di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) atau lebih dari 200 mil di atas permukaan bumi.

“Saya pikir sangat penting bagi semua orang untuk memilih,” kata Rubins.

“Jika kita bisa melakukannya dari luar angkasa, maka saya yakin orang-orang juga bisa melakukannya dari bawah,” imbuhnya seperti dikutip New York Post dari The Associated Press, Minggu (27/9/2020).

Rubins, yang saat ini ditempatkan di Star City, Rusia, bersama dengan dua astronot lainnya, sedang mempersiapkan perjalanannya ke luar angkasa pada bulan Oktober dan akan menyelesaikan masa tinggal enam bulan di ISS.(Baca juga: Pilpres AS, CIA: Putin Berupaya Diskreditkan Biden )

Dia mengatakan dia tidak akan membiarkan hal kecil seperti orbit rendah bumi menghentikannya dari menggunakan haknya untuk memilih.

“Sangat penting untuk berpartisipasi dalam demokrasi kita,” ujarnya.

“Kami menganggap suatu kehormatan dapat memberikan suara dari luar angkasa,” tegasnya.

Sebagian besar astronot AS tinggal di Houston, di mana undang-undang pemilu mengizinkan astronot memberikan suara sambil melayang di antara bintang-bintang.

Pilihannya akan diberikan dengan aman menggunakan surat suara elektronik yang diteruskan ke Mission Control, yang kemudian akan diteruskan ke petugas daerah. )

Kembali pada tahun 2016, baik Rubins dan Shane Kimbrough juga memberikan suara mereka dari luar angkasa.

Selama tur enam bulannya di ISS, Rubins akan merayakan ulang tahun ke-20 keberadaan manusia di stasiun luar angkasa, serta menyambut grup Space X kedua, yang dijadwalkan tiba pada akhir Oktober.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2250 seconds (0.1#10.140)