10 Patung Terjangkung di Dunia, Cara Hormati Tokoh Monumental

Senin, 28 September 2020 - 05:30 WIB
loading...
10 Patung Terjangkung di Dunia, Cara Hormati Tokoh Monumental
Selama berabad-abad, patung difungsikan sebagai cara manusia untuk memperingati peristiwa penting dan menghormati tokoh monumental. Selain itu patung juga sering digunakan sebagai landmark. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
SELAMA berabad-abad, keberadaan patung difungsikan sebagai cara manusia untuk memperingati peristiwa bersejarah dan menghormati tokoh monumental . Di setiap sudut dunia, bangunan patung memungkinkan warisan generasi lampau tetap hidup.

Selain itu patung juga sering digunakan sebagai landmark dan juga titik acuan. Dari ribuan patung yang tersebar di berbagai belahan bumi, berikut 10 patung tertinggi di dunia. (Baca juga: 10 Landmark Terkenal di Dunia yang Tak Selesai Dibangun)

1. Statue of Unity
10 Patung Terjangkung di Dunia, Cara Hormati Tokoh Monumental

Tinggi : 597 kaki (182 meter)
Lokasi : India
Tahun Dibangun : 2018
Tokoh yang dibuat patung : Vallabhbhai Patel (tokoh kemerdekaan India)
The Statue of Unity adalah patung terbesar di dunia berdasarkan tinggi patung. Bangunan patung yang tercatat dua kali lebih tinggi dibanding Patung Liberty di AS ini membutuhkan tenaga kerja 3.000 orang untuk membangunnya.

Sosok yang digambarkan, Sardar Vallabhbhai Patel, dihormati atas karyanya dalam menyatukan 562 negara bagian di India untuk membentuk negara India - dan semuanya tanpa menggunakan konflik bersenjata alias berjalan damai. (Baca juga: Wawasan Al-Qur'an tentang Seni Lukis, Pahat, dan Patung)

2. Spring Temple Buddha
10 Patung Terjangkung di Dunia, Cara Hormati Tokoh Monumental

Tinggi : 420 kaki (153 meter)
Lokasi : China
Tahun Dibangun : 2008
Tokoh yang dibuat patung : Buddha (Vairocana)
Berdiri sejak 2008, patung yang menggambarkan Buddha Vairocana ini terbuat dari 108 kilogram emas, 3.300 ton tembaga, dan 15.000 ton baja. Bersemayam di kawasan terpencil Fodushan Scenic Area, provinsi Henan, China yang berjarak dua jam dari Kota Lushan. (Baca juga: Pangeran Harry dan William Bakal Resmikan Patung Putri Diana)

Untuk menjelajahi patung, pengunjung dapat memilih berjalan melewati dua buah tangga besar yang masing-masing memiliki 365 anak tangga, atau menggunakan bus mini berbayar yang siap mengantarkan pengunjung sampai puncak.

3. Laykyun Sekkya
10 Patung Terjangkung di Dunia, Cara Hormati Tokoh Monumental

Tinggi : 380 kaki (116 meter)

Lokasi : Myanmar
Tahun Dibangun : 2008
Tokoh yang dibuat patung : Buddha (Gautama)
Dibangun selama kurang lebih 12 tahun, pada 2008 Laykyun Sekkya akhirnya resmi dibuka. Patung yang terletak di Desa Khatakan Taung, Monywa ini terinspirasi dari Siddhartha Gautama, sang pendiri agama Buddha.

Dicat dengan warna kuning yang memiliki simbol kebijaksanaan, seluruh biaya pembangunan merupakan hasil dari sumbangan penduduk setempat. Patung ini memiliki 27 lantai serta lift khusus. Di depannya terdapat patung Buddha berbaring yang dikelilingi oleh pohon Bodhi, yang dianggap sebagai pohon suci bagi umat Buddha. (Baca juga: Tentara Myanmar Akui Pembunuhan Massal dan Pemerkosaan pada Rohingya)

4. Birth of the New World
10 Patung Terjangkung di Dunia, Cara Hormati Tokoh Monumental

Tinggi : 362 kaki (110 meter)
Lokasi : Puerto Rico
Tahun Dibangun : 2016
Tokoh yang dibuat patung : Christhoper Colombus
The Birth of the New World adalah patung terbesar di Puerto Rico dan tertinggi di Amerika Utara. Lebih tinggi dibanding Patung Liberty. (Baca juga: Jadi Sasaran Vandalisme, Patung Christopher Columbus Dipindahkan)

Patung ini dibuat oleh pematung Rusia Zurab Tsereteli untuk menghormati jejak petualangan Chrithoper Colombus di kawasan benua Amerika. Patung kolosal ini memiliki berat 6.500 ton dan dibangun dari 2.500 buah perunggu, baja, dan tembaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)