alexametrics

10 Landmark Terkenal di Dunia yang Tak Selesai Dibangun

loading...
10 Landmark Terkenal di Dunia yang Tak Selesai Dibangun
Banyak landmark, monumen, atau bangunan yang dibangun di dunia. Meski berbagai upaya telah dikerahkan, beberapa landmark terkenal di dunia ternyata tak selesai dibangun. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
BANYAK landmark (ikon), monumen, atau bangunan yang dibangun di dunia. Butuh waktu bertahun-tahun, kerja keras, serta biaya yang tak sedikit untuk mendirikannya. Meski berbagai upaya telah dikerahkan, beberapa landmark terkenal di dunia itu ternyata tak selesai dibangun. Berikut beberapa landmark terkenal di dunia yang pembangunannya tak selesai.

1. Ryugyong Hotel (Korea Utara)

10 Landmark Terkenal di Dunia yang Tak Selesai Dibangun





Bangunan hotel berbentuk piramida di Korea Utara (Korut) ini pernah digadang-gadang menjadi pesaing hotel-hotel tertinggi di dunia. Namun pembangunannya terhenti pada 1989. Hal ini yang kemudian membuat hotel bernama Ryugyong ini menjadi bangunan terbesar di dunia yang tak selesai dibangun.

Hotel Ryugyong atau yang biasa disebut Hotel of Doom memiliki tinggi 1.080 kaki atau sekitar 330 meter. Bangunan ini dirancang arsitek dan teknisi bernama Baikdoosan. Pembangunan dimulai pada 1987 di ibu kota Korut, Pyongyang. Seharusnya pembangunan ramĀ­pung selama dua tahun tepatnya pada 1989.

2. Bara Kaman (India)

10 Landmark Terkenal di Dunia yang Tak Selesai Dibangun



Bara Kaman adalah mausoleum yang belum selesai dibangun dari zaman Ali Adil Shah II, raja kedelapan sekaligus kedua terakhir dari dinasti Adil Shah di Bijapur (juga dikenal sebagai Vijayapura) di India. Tujuan pembangunan Bara Kaman adalah untuk membangun makam yang lebih indah dan besar dari yang pernah dilihat siapa pun.

Bara Kaman berarti "dua belas lengkungan", dan bangunan itu seharusnya terdiri dari 12 lengkungan yang dibangun secara horizontal dan vertikal di sekitar makam Ali Adil Shah II. Konstruksi makam dimulai pada 1672, tetapi tidak pernah selesai.

3. La Sagrada Familia (Spanyol)

10 Landmark Terkenal di Dunia yang Tak Selesai Dibangun


Mungkin ini adalah sebuah karya seni arsitektur yang proses konstruksi pembuatannya terlama sepanjang sejarah. Sebuah seni tingkat tinggi. Sebuah karya seni seorang arsitek yang membutuhkan sebuah kota sebagai media kanvasnya yakni Barcelona. Sebuah kota tepi pantai yang setiap sudutnya dihiasi dengan karya-karya seni.

Dari kebanyakan karya seniman di sana, karya Antoni Gaudi ini yang menjadi ikon dari Kota Barcelona. La Sagrada Familia mulai dikerjakan sejak 1882 dan hingga hari ini masih perlahan-lahan terus dikerjakan konstruksinya.

4. National Monument Of Scotland (Skotlandia)

10 Landmark Terkenal di Dunia yang Tak Selesai Dibangun


Berdiri di Carlton Hill, sebuah bukit di tengah Kota Edinburg, Skotlandia, bangunan ini menjadi situs warisan dunia. Monumen Nasional tersebut tak seperti monumen-monumen selama ini yang identik dengan sebuah kebanggaan. Monumen Nasional Skotlandia disebut-sebut sebagai proyek kekeliruan, rasa malu, aib, dan kebodohan.

Monumen ini seharusnya menjadi peringatan bagi para tentara Skotlandia dan para pelaut yang tewas dalam perang Napoleon. Jika bangunan rampung, monumen ini maka akan menyerupai PartheĀ­non, ikonnya Athena.

5. Piramida Neferefre (Mesir)

10 Landmark Terkenal di Dunia yang Tak Selesai Dibangun



Awalnya Firaun membangun Neferefre sebagai piramida di Nekropolis Abusir di era Mesir Kuno. Namun ia meninggal sebelum piramida itu selesai dan dengan segera konstruksinya diubah menjadi kuil makam.

Piramida dimulai dengan basis besar kira-kira seukuran Piramida Sahure. Pembangunan menggali lubang di tengah pangkalan di mana ruang pemakaman akan ditempatkan. Sebuah koridor pintu masuk dibangun di sisi utara, dan sebuah parit mengarah dari pintu masuk ke lubang. Hanya satu tangga dari inti piramida yang telah selesai

6. Ta Keo (Kamboja)

10 Landmark Terkenal di Dunia yang Tak Selesai Dibangun



Ta Keo adalah gunung kuil yang terletak di kota kuno Angkor, Kamboja dan berisi lima menara yang diatur dalam piramida. Itu mungkin salah satu kuil terbesar yang pernah dibangun, dan salah satu yang terbesar tetapi ironisnya proses pembangunannya tidak pernah selesai. Meskipun demikian struktur bangunannya cukup besar.

Kuil utama terdiri dari lima tingkat tinggi, dan piramida terakhir naik 14 meter (46 kaki) lebih tinggi dari teras kedua. Lima menara besar disusun untuk membentuk quincunx dan dinding luar dikelilingi oleh parit. Bangunan besar dibangun dari batu pasir. Hingga saat ini belum diketahui pasti apa penyebab berhentinya proses pembangunan.

7. Mingun Pahtodawgyi (Myanmar)

10 Landmark Terkenal di Dunia yang Tak Selesai Dibangun


Di kota kecil Mingun, terletak di wilayah Sagaing di Myanmar sebelah barat laut, Anda akan menemukan Mingun Pahtodawgyi. Awalnya, Raja Bodawpaya ingin membangun pagoda terbesar di dunia.

Proses konstruksi dimulai pada 1790. Sayangnya proyek itu tidak pernah selesai. Proses konstruksi mulai membebani keuangan negara.

Pagoda yang belum selesai ini berukuran 50 meter, dan baru sepertiga dari ukuran tinggi yang diusulkan. Mingun Pahtodawgyi dikenal sebagai salah satu tumpukan batu dan bata terbesar di dunia.

8. The Hassan Tower (Maroko)

10 Landmark Terkenal di Dunia yang Tak Selesai Dibangun


The Hassan Tower yang juga dikenal sebagai Tour Hassan adalah menara besar di Rabat, ibu kota Maroko. Proyek ini diprakarsai Yaqub al-Mansur pada abad ke-12, dan seharusnya menjadi menara tertinggi di dunia. Sedangkan masjid yang menjadi bagiannya juga rencananya dibangun sebagai yang terbesar.

Namun pembangunan proyek itu berakhir empat tahun setelah wafatnya al-Mansur. Menaranya saat ini memiliki tinggi 44 meter, hanya setengah dari tinggi yang direncanakan. Ada sekitar 200 tiang yang tersebar di seluruh lantai marmer.

Seandainya selesai, masjid Hassan ini akan mampu menampung 20.000 jamaah sekaligus. Pada 2012, Hassan Tower pun mendapat status Warisan Dunia.

9. Crazy Horse Memorial (Amerika Serikat)

10 Landmark Terkenal di Dunia yang Tak Selesai Dibangun



Ketika menyebut Gunung Rushmore di Saouth Dakota, Amerika Serikat maka orang akan berpikir tentang ukiran gambar empat kepala presiden AS. Padahal di lokasi yang sama ada bangunan satu lagi yakni Crazy Horse Memorial yang bisa juga menjadi landmark terkenal. Sayang proyek ini tidak selesai pembangunannya.

Proyek ini dimulai pada 1948 oleh pematung Korczak Ziolkowski. Sayang ia meninggal pada 1982 saat pembangunan masih berjalan. Pada 1990-an, kepala Crazy Horse sudah mulai terlihat.

Sebagian besar waktu pembangunan memang banyak tersedot di pembuatan bagian kepala, yang tingginya 22 lantai. Seluruh ukiran terdiri lebih dari 64 lantai dan mata Crazy Horse Memorial memiliki lebar 5 meter (17 kaki).

10. Cathedral of Saint John the Divine (AS)

10 Landmark Terkenal di Dunia yang Tak Selesai Dibangun



Katedral ini merupakan salah satu gereja Kristen terbesar di dunia dan merupakan salah satu bangunan ikonik di Manhattan, New York. Dengan reputasinya tersebut, seharusnya bangunan ini tidak punya masalah dengan konstruksi. Nyatanya gereja ini memiliki beberapa bagian yang belum selesai pembangunannya.

Sejak awal pembangunan gereja ini sudah menjadi persoalan tersendiri. Mulai dari soal pendanaan yang sulit serta persoalan konstruksi yang terhenti akibat perang dan kebakaran juga konsep desain yang beberapa kali berubah. Hingga saat ini pengurus gereja masih mencari solusi agar gereja ini bisa selesai dibangun.

Sumber: www.listverse.com
(poe)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak