Fokus Kesehatan Publik, Perancis, India, dan Italia Perpanjang Lockdown

Rabu, 15 April 2020 - 09:38 WIB
loading...
Fokus Kesehatan Publik, Perancis, India, dan Italia Perpanjang Lockdown
Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi, memperpanjang penguncian atau lockdown secara nasional hingga 3 Mei. Kebijakan ini diterapkan karena jumlah kasus virus corona di India telah mencapai angka 10.000. Foto/Reuters
A A A
PARIS - Presiden Prancis Emmanuel Macron telah memperpanjang masa lockdown sebanyak empat pekan atau sampai 11 Mei. Macron juga mengatakan, wabah Covid-19 di Prancis sudah mulai stabil. Dia berharap semuanya akan mulai mengalami antiklimaks. Jumlah kematian akibat Covid-19 juga menurun setiap hari dengan total korban mencapai 15.000 orang.

"Lockdown bukan untuk mengalahkan Covid-19, tapi memperlambat persebarannya," ujar Macron, dikutip BBC. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaku gembira dengan perlambatan Covid-19 di Eropa.

"Mudah-mudahan Mei akan menjadi awal sebuah fase baru," kata Macron. "Jika hal itu terjadi, kami telah mencapai titik progresif. Peraturan pemerintah juga akan kembali disesuaikan dengan kondisi di lapangan."

Macron mengatakan, sekolah kemungkinan akan dapat dibuka lebih awal dibandingkan restoran. Event-event publik seperti festival tampaknya tidak akan dapat dilaksanakan setidaknya sampai Juli mendatang. Warga yang rentan terhadap Covid-19 juga diimbau agar tetap tinggal di rumah.

Sementara itu, Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi, memperpanjang penguncian atau lockdown secara nasional hingga 3 Mei. Kebijakan ini diterapkan karena jumlah kasus virus corona di India telah mencapai angka 10.000, meski telah melakukan lockdown selama tiga minggu. Modi mengatakan, tantangannya adalah untuk menghentikan persebaran Covid-19 ke wilayah-wilayah baru di negara tersebut.

“Hingga 3 Mei, setiap orang India harus tetap terisolasi. Saya meminta semua orang India agar kita menghentikan persebaran virus corona ke daerah lain," katanya dilansir Reuters kemarin.

Pernyataan Modi itu muncul ketika jumlah orang yang terinfeksi virus korona di India mencapai 10.363, di mana 339 di antaranya telah meninggal. Angka itu berdasarkan data yang dimiliki oleh pemerintah pusat.

Sementara Italia juga memilih memperpanjang lockdown. PM Italia Giuseppe Conte mengatakan, lockdown kemungkinan akan berlangsung hingga 3 Mei, tapi sejunlah toko dan bisnis akan diperbolehkan buka pekan ini. Beberapa di antaranya toko buku dan toko pakaian anak-anak.

Penutupan wilayah Italia untuk mengurangi persebaran Covid-19 membawa dampak ekonomi yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah negeri itu. Itulah gambaran dari Lembaga Statistik Nasional Italia (ISTAT) terhadap situasi ekonomi negara tersebut.

Menurut data ISTAT, separuh perusahaan Italia serta 7,4 juta pekerja dalam keadaan tidak berproduksi. “Jika ini berlanjut, produk domestik bruto (PDB) Italia dalam enam bulan pertama tahun ini akan jatuh sebesar 10%, atau sekitar USD4,5 miliar,” kata Matteo Pignatti, ekonom di Center for Confindustrial Studies (CSC).

Angka ini kurang lebih setara dengan seluruh PDB Bolivia. Menurut hitungan CSC, ketiadaan produksi setiap minggunya bisa mengurangi PDB hingga 0,75%. Italia yang merupakan ekonomi terbesar ke delapan di dunia menurut IMF, akan mengalami pukulan ekonomi terbesar sejak Perang Dunia II. (Andika H Mustaqim)
(yuds)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)