10 Tragedi Tumpahan Minyak Terbesar di Dunia

Senin, 14 September 2020 - 05:30 WIB
loading...
A A A
8. Tumpahan Minyak Castillo de Bellver
10 Tragedi Tumpahan Minyak Terbesar di Dunia

Lokasi tumpahan minyak : Saldanha Bay, Cape Town, Afrika Selatan
Tahun kejadian : 1983
Jumlah tumpahan minyak : 50-80 juta galon

Kapal tanker Castillo de Bellver sedang berlayar menuju ke Spanyol dari Teluk Persia. Kapal terbakar saat mengitari tanjung di Afrika Selatan. Sebuah tim penyelamat berhasil mengevakuasi kru saat api menyala.

Sayang akibat kebakaran, badan kapal terbelah menjadi dua dan tenggelam. Insiden itu menumpahkan antara 50 dan 80 juta galon minyak mentah ke laut lepas.

Pihak penyelamat pantai bertindak cepat mengatasi dampak negative tumbahan minyak sehingga hanya ada sedikit kerusakan biota laut. Sedikitnya ada 1.500 burung laut (gannet) yang biasa berkumpul di teluk terkontaminasi oleh tumpahan minyak.

9. Amoco Cadiz
10 Tragedi Tumpahan Minyak Terbesar di Dunia

Lokasi tumpahan minyak : Brittany (pantai Prancis)
Tahun kejadian : 1978
Jumlah tumpahan minyak : 65 juta galon

Amoco Cadiz adalah kapal tanker yang mengangkut lebih dari 1,6 juta barel minyak mentah dari Timur Tengah ke Eropa. Begitu kapal berlayar di dekat pesisir Prancis, gelombang laut yang ganas menyebabkan gelombang merusak kemudi kapal yang membuat pilot tidak bisa mengendalikannya.

Kapal terhanyut menuju daratan karena angin kencang dan akhirnya kandas yang menyebabkan badan kapal terbelah menjadi dua. Seluruh minyak dalam kapal tumpah ke laut. Ada kerusakan signifikan pada kehidupan dan tanah di sepanjang pantai akibat insiden itu. Pihak Amoco harus membayar pemerintah Prancis USD200 juta pada 1992 untuk biaya kerusakan dan perbaikan.

10. Exxon Valdez
10 Tragedi Tumpahan Minyak Terbesar di Dunia

Lokasi tumpahan minyak : Pantai Alaska
Tahun kejadian : 1989
Jumlah tumpahan minyak : 11 juta galon

Pada 1989, sebuah kapal tanker bernama Exxon Valdes kandas di lepas pantai Alaska. Kapten bernama Joseph Hazelwood dilaporkan mabuk sehingga tidak dapat mengontrol kemudi yang kemudian menabrak karang.

Hal itu menjadikan salah satu tumpahan minyak terburuk dalam sejarah Amerika. Menurut laporan, kapal membawa sekitar 55 juta galon minyak atau setara dengan 210.000 meter kubik dimana 11 juta galon tumpah ke teluk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2269 seconds (0.1#10.140)