10 Tragedi Tumpahan Minyak Terbesar di Dunia

Senin, 14 September 2020 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Hasil investigasi sepanjang pantai Texas menunjukkan ada sekitar 4.000 ton minyak yang mengendap di pesisir dan sisanya 12.000 ton tenggelam ke dasar teluk. Pihak berwenang Meksiko berusaha mengurangi tekanan, tetapi prosesnya memakan waktu berbulan-bulan. Mereka akhirnya menutup sumur 10 bulan kemudian. (Lihat foto: Permintaan Madu Lebah Kelulut Meningkat di Tengah Pandemi Covid-19)

4. Tumpahan Minyak Atlantic Empress
10 Tragedi Tumpahan Minyak Terbesar di Dunia

Lokasi tumpahan minyak : Laut Karibia
Tahun kejadian : 1979
Jumlah tumpahan minyak : 90 juta gallon
Dua supertanker Atlantic Empress dan Aegean Captain bertabrakan di lepas pantai Trinidad & Tobago, menyebabkan kedua kapal tersebut terbakar dan menumpahkan kargo mereka berupa sekitar 50 juta galon minyak ke Laut Karibia. Atlantic Empress terbakar selama dua minggu sebelum tenggelam.

Sedang kapal Aegean Captain berhasil ditarik ke pantai. Peritiwa itu menewaskan 26 awak Atlantik dan 1 anggota Aegean Captain.Untungnya, angin badai tropis membawa sebagian besar minyak ke laut dan menjauh dari pantai. (Baca juga: Pertamina Tanggulangi Tumpahan Minyak di Pesisir Pantai Makassar)

5. Mingbulak
10 Tragedi Tumpahan Minyak Terbesar di Dunia

Lokasi tumpahan minyak : Fergana Valley, Uzbekistan
Tahun kejadian : 1992
Jumlah tumpahan minyak : 88 juta gallon
Ini adalah tumpahan minyak di daratan terbesar dalam sejarah. Sebuah ledakan di sumur minyak Fergana Valley menyebabkan keluarnya minyak yang tidak terkendali di seluruh lembah dan menyebabkan kebakaran hebat.

Diperkirakan 3.500 barel minyak mengalir per hari dari sumur hingga berhenti sendiri. Minyak mengalir ke tanah dan diserap kembali. Tim pembersihan dari Amerika S erikat (AS) ikut membantu proses pembersihan. Ini adalah tumpahan minyak terbesar di Asia. (Baca juga: Miliki Destinasi Muslim, Turis Indonesia ke Uzbekistan Tumbuh Pesat)

6. Sungai Kolva
10 Tragedi Tumpahan Minyak Terbesar di Dunia

Lokasi tumpahan minyak : Rusia
Tahun kejadian : 1994
Jumlah tumpahan minyak : 84 juta galon
Infrastruktur di Rusia mengalami beberapa kerusakan selama tahun-tahun menjelang berakhirnya Uni Soviet. Pipa minyak yang melintasi Sungai Kolva pecah pada tahun 1983.

Pihak berwenang membangun bendungan di sekitar pipa tersebut. Korosi pada pipa memperburuk situasi. Akhirnya, badai menyebabkan bendungan runtuh dan menumpahkan minyak. Banyak penduduk yang mengandalkan sungai untuk menangkap ikan. (Baca juga: Arab Saudi dan Rusia Perang Harga Minyak, Tapi Pertempuran Sebenarnya dengan AS)

Perusahaan yang dianggap bertanggung jawab tidak mampu membayar ganti rugi untuk membersihkan tumpahan minyak. Imbasnya berbagai perusahaan dan organisasi memberi bantuan USD124 juta untuk membantu pembersihan.

7. Ladang Minyak Nowruz
10 Tragedi Tumpahan Minyak Terbesar di Dunia

Lokasi tumpahan minyak : Teluk Persia
Tahun kejadian : 1983
Jumlah tumpahan minyak : 80-100 juta galon
Selama Perang Iran-Irak, perairan di Teluk Persia menjadi subjek konflik. Ada dua kejadian tumpahan minyak di daerah ini selama tahun 1983 di mana kerusakan diperparah oleh konflik yang ada. Sebuah kapal tanker menabrak salah satu anjungan minyak dan menumpahkan antara 50-60 juta gallon minyak mentah.

Serangan helikopter menghancurkan platform lain, yang menyebabkan tambahan tumpahan minyak sebesar 30 juta gallon. Sebanyak 20 orang tewas saat mencoba membersihkan tumpahan minyak. Butuh waktu dua tahun untuk menutup sumur minyak akibat tumpahan kedua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2072 seconds (0.1#10.140)