Diduga Selundupkan Bahan Bakar, Iran Sita 2 Kapal Tanker Berbendera Asing

Sabtu, 16 September 2023 - 01:30 WIB
loading...
Diduga Selundupkan Bahan Bakar, Iran Sita 2 Kapal Tanker Berbendera Asing
Bendera Panama berkibar di buritan kapal tanker minyak Iran, Grace 1. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) menyita dua kapal tanker minyak berbendera asing yang diduga menyelundupkan lebih dari 1,5 juta liter bahan bakar di Teluk Persia.

“Kapal tanker berbendera Panama dan Tanzania ditahan Angkatan Laut IRGC,” ungkap media Iran mengutip Laksamana Mohammad-Sharif Shirali, wakil Komandan Zona Angkatan Laut Ketiga Angkatan Laut IRGC.

Dia mengatakan 37 awak kapal di kedua kapal itu diserahkan kepada otoritas kehakiman untuk menjalani prosedur hukum yang diperlukan.

Pejabat tersebut, yang memberikan rincian operasi itu, mengatakan Angkatan Laut IRGC yang ditempatkan di Pelabuhan Mahshahr di provinsi Khuzestan selatan, selama dua hari terakhir, telah memantau secara ketat dua kapal minyak asing tersebut dan akhirnya menangkap mereka atas perintah pengadilan.

Pasukan angkatan laut Iran, dalam beberapa kesempatan dalam beberapa tahun terakhir, menyita kapal berbendera asing di Teluk Persia karena dugaan penyelundupan bahan bakar atau pelanggaran peraturan maritim.

Pada Juli, satu kapal tanker minyak berbendera Bahama, “Richmond Voyager”, disita setelah diduga menabrak kapal Iran di Laut Oman, provinsi Hormozgan selatan.



Setelah kejadian tersebut, Angkatan Laut AS mengeluarkan pernyataan yang mengatakan pihaknya mengirim kapal perusak berpeluru kendali, “USS McFaul”, sebagai tanggapan atas panggilan darurat dari kapal tanker berbendera Bahama setelah pihak berwenang Iran meminta kapal tanker tersebut untuk berhenti dan melepaskan tembakan ke arahnya.

Insiden ini terjadi kurang dari dua bulan setelah IRGC menyita satu kapal tanker berbendera Panama di Selat Hormuz, dan menyebutnya sebagai “pelanggar”.

Sebelumnya, satu kapal tanker berbendera Pulau Marsekal ditahan tentara Iran dan diarahkan ke perairan pesisir Iran di Laut Oman, menyusul pertemuan dengan kapal Iran.

Insiden-insiden ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan AS setelah Pentagon mengumumkan pengerahan kapal perang amfibi dan kelompok ekspedisi Marinir ke Teluk Persia untuk mengamankan jalur pelayarannya.

Bulan lalu, di tengah ketegangan, Angkatan Laut IRGC merilis rekaman pertemuan antara speedboat mereka dan kapal induk AS di Selat Hormuz.

Hal ini terjadi tepat setahun setelah IRGC menarik kapal AS tak berawak di Teluk Persia, dengan mengatakan hal itu dilakukan untuk “memastikan keamanan jalur pelayaran”.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)