alexametrics

Solidaritas Virus Corona, Singapura Sunat Gaji Presiden dan Menteri

loading...
Solidaritas Virus Corona, Singapura Sunat Gaji Presiden dan Menteri
Singapura memotong gaji presiden dan seluruh menteri, termasuk perdana menteri, sebagai bentuk solidaritas kepada petugas yang menangani wabah virus Corona Covid-19. Foto/Ilustrasi
A+ A-
SINGAPURA - Satu bulan gaji presiden, semua menteri Kabinet - termasuk Perdana Menteri - dan pemegang jabatan politik akan dipotong sebagai bentuk solidaritas terhadap petugas medis yang menangani wabah virus Corona. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Perdana Menteri Singapura Heng Swee Keat.

"Petugas publik yang bertugas di garis depan dalam pertempuran Singapura melawan wabah virus corona juga akan mendapatkan bonus tambahan satu bulan," tambahnya seperti dikutip dari Strait Times, Jumat (28/2/2020).

Ia juga mengatakan bahwa para pekerja garis depan akan melibatkan banyak petugas kesehatan di rumah sakit yang telah direstrukturisasi dan Kementerian Kesehatan, serta beberapa petugas di lembaga lini depan lainnya yang telah terlibat langsung dalam memerangi penyakit Covid-19.



Selain itu pejabat publik lainnya yang telah berkontribusi secara signifikan akan diakui dengan tepat.

Hibah virus Corona Covid-19 satu kali ini juga akan diberikan kepada 900 klinik dokter umum yang telah ditunjuk Klinik Kesiapsiagaan Kesehatan Masyarakat, untuk mendukung mereka dalam upaya merawat pasien dengan gejala pernapasan.

"Pekerja garis depan kami, terutama pekerja perawatan kesehatan di rumah sakit yang direstrukturisasi, telah menunjukkan keberanian dan dedikasi yang luar biasa. Mereka di luar sana membuat pengorbanan setiap hari untuk memerangi melawan perang yang tidak diketahui," kata Heng.

"Meskipun kami tidak dapat cukup berterima kasih kepada mereka, kami dapat menunjukkan penghargaan dan dukungan kami dengan cara yang nyata," tambahnya dalam pidato yang mengakhiri tiga hari perdebatan tentang Anggaran tahun ini.

Ia mengatakan Presiden Halimah Yacob, serta para pemimpin politik Singapura, juga akan melakukan bagian mereka untuk menunjukkan solidaritas dengan warga yang terkena dampak wabah. Beberapa minggu terakhir terlihat sektor-sektor mulai dari perhotelan hingga pariwisata dan ritel sangat terpengaruh oleh perlambatan kedatangan wisatawan.

Semua pemegang jabatan politik akan menerima pemotongan satu bulan dalam gaji mereka, sementara semua anggota parlemen akan mendapatkan pemotongan tunjangan selama satu bulan. Beberapa petugas layanan publik senior juga akan mendapatkan pemotongan setengah bulan gaji.

Langkah ini diambil setelah beberapa anggota parlemen menyerukan agar pemerintah Singapura berbuat lebih banyak untuk mendukung para pekerja di garis depan. Mereka yang menyerukan hal ini termasuk Anggota Parlemen yang dinominasikan Walter Theseira. Ia telah meminta pemerintah Singapura untuk memberi pekerja berupah rendah di garis depan memerangi Covid-19, dengan merestrukturisasi pekerjaan dengan upah lebih tinggi, termasuk yang dipegang oleh anggota parlemen yang merupakan pemimpin dalam profesi mereka.

Singapura hingga saat ini mengkonfirmasi 93 kasus infeksi virus Corona Covid-19 dan 62 dinyatakan sembuh.

Secara global, virus yang awalnya muncul di wilayah Wuhan, China ini telah menjangkiti 83.795 dengan 2.788 orang dinyatakan meninggal. Sebagian besar dari jumlah ini berada di daratan China, yang telah melaporkan 78.824 kasus infeksi dan 2.788 kematian.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak