alexametrics

Macron Buka Pintu Akses UE untuk Makedonia Utara dan Albania

loading...
Macron Buka Pintu Akses UE untuk Makedonia Utara dan Albania
Presiden Prancis Emmanuel Macron di Paris, Prancis. Foto/REUTERS/Charles Platiau
A+ A-
MUNICH - Presiden Prancis Emmanuel Macron menyatakan dia akan mengizinkan Makedonia Utara dan Albania memulai perundingan untuk bergabung Uni Eropa (UE) jika para eksekutif blok itu memberi mereka peninjauan positif bulan depan.

Komentar Macron di Konferensi Keamanan Munich itu tampaknya mengakhiri kebekuan sikapnya pada upaya dua negara Balkan itu untuk menjadi anggota UE. Dia pun menjamin para pemimpin Eropa lainnya bahwa Prancis masih mendukung perluasan UE untuk anggota baru.

"Kami menunggu untuk laporan (Komisi Eropa) pada Maret, tergantung pada itu, jika hasilnya positif dan ada kepercayaan, maka kita harus dalam posisi membuka negosiasi," papar Macron.



Macron sebelumnya menolak menyetujui dimulainya negosiasi akses saat konferensi tingkat tinggi UE pada Oktober. Dia beralasan proses mengakui anggota baru perlu berubah. Seorang menteri Prancis menyebut proses akses UE itu sebagai opera sabun tanpa akhir.

Khawatir dengan pengaruh China dan Rusia di enam negara yang ingin bergabung UE, Jerman dan Komisi Eropa menyebut sikap Macron untuk menghalangi mereka itu salah. Enam negara yang ingin bergabung adalah Serbia, Kosovo, Montenegro, Albania, Bosnia dan Makedonia Utara.

Bulan ini, Komisi Eropa menyarankan reformasi proses aksesi sesuai proposal Prancis pada November, sehingga pemerintahan UE lebih mudah untuk menghentikan atau mengubah negosiasi dan membekukan dana.
(sfn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak