Prancis: Afghanistan adalah Pengingat Eropa Perlunya Bangun Kekuatan Pertahanan Bersama

Minggu, 05 September 2021 - 19:50 WIB
loading...
Prancis: Afghanistan adalah Pengingat Eropa Perlunya Bangun Kekuatan Pertahanan Bersama
Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire mengatakan, situasi Afghanistan adalah pengingat bagi Eropa untuk perlunya bangun kekuatan pertahanan bersama. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Menteri Keuangan Prancis , Bruno Le Maire mengatakan, situasi Afghanistan adalah pengingat bagi Eropa untuk perlunya bangun kekuatan pertahanan bersama. Le Maire mengatakan, Uni Eropa (UE) haruslebih ambisius dalam pertahanan dan kepemimpinan global.

"Eropa harus menjadi negara adidaya nomor tiga selain China dan Amerika Serikat (AS). Mari buka mata kita, kita menghadapi ancaman dan kita tidak bisa lagi mengandalkan perlindungan AS,” kata Le Maire.

"Afghanistan adalah panggilan untuk bagun. Eropa juga menghadapi ancaman keamanan di Timur Tengah dan di Afrika,” sambungnya, seperti dilansir Channel News Asia pada Minggu (5/9/2021).

Dia mengatakan Paris telah memutuskan untuk menginvestasikan USD 2,02 miliar lebih banyak untuk pertahanan tahun ini dan ingin melihat negara-negara Eropa lainnya melakukan hal yang sama.

Le Maire juga menyerukan negara-negara anggota UE lainnya untuk berinvestasi dan memperdalam pasar tunggal mereka untuk mencapai kemandirian teknologi dari perusahaan-perusahaan besar di luar negeri, dan negara-negara ketiga.

"Negara-negara anggota UE harus membangun pasar tunggal untuk keuangan dan juga mereka perlu mencapai kesepakatan politik tentang serikat perbankan, agar memiliki lebih banyak dana untuk teknologi baru," tukas Le Maire.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)