Prancis Tetapkan Status Siaga Tinggi Flu Burung

Jum'at, 11 November 2022 - 05:00 WIB
loading...
Prancis Tetapkan Status Siaga Tinggi Flu Burung
Prancis Tetapkan Status Siaga Tinggi Flu Burung. FOTO/Reuters
A A A
PARIS - Prancis telah menempatkan negara itu pada siaga "tinggi" untuk flu burung , memaksa peternakan unggas untuk menyimpan burung di dalam ruangan guna menahan penyebaran penyakit yang sangat menular.

Produsen unggas terbesar kedua di Uni Eropa itu telah mendeteksi peningkatan baru wabah flu burung dalam beberapa bulan terakhir, setelah tahun ini mengalami gelombang penyakit terburuk dengan sekitar 22 juta unggas dimusnahkan.



“Antara 1 Agustus dan 8 November, 49 wabah flu burung yang sangat patogen (HPAI), yang biasa disebut flu burung, terdeteksi di peternakan Prancis, dengan jumlah kasus yang besar dan meningkat ditemukan pada unggas peliharaan di halaman belakang dan di antara burung liar,” sebut pernyataan Kementerian Pertanian Prancis, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (10/11/2022).

"Dalam konteks yang ditandai dengan persistensi virus yang belum pernah terjadi sebelumnya di lingkungan dan aktivitas migrasi burung liar yang kuat, penting untuk memperkuat langkah-langkah pencegahan untuk menghindari kontaminasi peternakan unggas," lanjut pernyataan itu.

Meskipun virus ini tidak berbahaya dalam makanan, penyebarannya menjadi perhatian pemerintah dan industri unggas karena kerusakan yang dapat ditimbulkannya pada ternak, kemungkinan pembatasan perdagangan, dan risiko penularan pada manusia.



Tingkat risiko "tinggi", yang sebelumnya ditetapkan pada level "sedang", menyiratkan bahwa semua unggas harus disimpan di dalam peternakan dan langkah-langkah keamanan tambahan diambil, termasuk untuk berburu, untuk menghindari penyebaran penyakit.

Eropa telah mengalami krisis flu burung terburuk sepanjang tahun ini, dengan hampir 50 juta ekor unggas dimusnahkan, dan virus terus-menerus selama musim panas telah meningkatkan risiko infeksi yang meluas musim depan, kata Badan Keamanan Pangan Uni Eropa (EFSA) lalu. bulan.

Flu burung biasanya menyerang selama musim gugur dan musim dingin. Ini ditularkan melalui kotoran yang terinfeksi dari burung liar yang bermigrasi atau kontak langsung dengan pakan, pakaian dan peralatan yang terkontaminasi, atau di udara.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)