alexametrics

Selain Corona, Inilah 10 Wabah Virus yang Menggegerkan Dunia

loading...
Selain Corona, Inilah 10 Wabah Virus yang Menggegerkan Dunia
Wabah virus Corona merebak akhir-akhir ini. Sejarah mencatat ada beberapa wabah virus mematikan yang pernah menghebohkan dunia. Wabah ini bahkan menelan korban hingga jutaan orang. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
WABAH virus Corona merebak akhir-akhir ini. Sejarah mencatat ada beberapa wabah virus mematikan yang pernah menghebohkan dunia. Wabah ini bahkan menelan korban hingga jutaan orang.

1. HIV/AIDS

Selain Corona, Inilah 10 Wabah Virus yang Menggegerkan Dunia




Virus ini adalah salah satu yang paling mematikan di zaman modern. Sejak pertama kali dikenali tahun 1980-an, lebih dari 35 juta orang meninggal karena terinfeksi virus ini. HIV menyerang sistem kekebalan tubuh, dan melemahkan pertahanan terhadap infeksi dan sejumlah tipe kanker. Tahap selanjutnya dari virus HIV aadalah penyakit AIDS yang menyerang kekebalan tubuh seseorang.

2. SARS
Selain Corona, Inilah 10 Wabah Virus yang Menggegerkan Dunia
SARS (severe acute respiratory syndrome) merupakan sindrom pernapasan akut parah. Penyebaran virus tersebut sempat memicu kepanikan dunia. Beberapa kota yang sudah terjangkit saat itu menurut catatan WHO adalah Beijing, Guangdong, Shanxi, dan Hongkong (China), Taipei (Taiwan), Hanoi (Vietnam), Toronto (Kanada), dan Singapura.
Kasus pertama SARS ditemukan di Kota Guangdong, China pada November 2002. Penyakit mirip flu itu menewaskan 349 orang di daratan China dan sejumlah 774 orang di seluruh dunia. Lebih dari 8.000 orang terinfeksi. Gejalan SARS dimulai dari demam, suhu badan mencapai 38 derajat celsius, batuk-batuk kering, sesak napas, dan pernah kontak dengan penderita dari negara yang ada kasus SARS.

3. Flu Babi

Selain Corona, Inilah 10 Wabah Virus yang Menggegerkan Dunia


Kasus virus flu babi ditemukan di Meksiko, Amerika Serikat (AS), Selandia Baru, Israel, dan Prancis. Pada 26 April 2009, Asia memasuki siaga satu flu babi. Beberapa langkah diambil pemerintah. Jepang memperketat pemeriksaan penumpang dari Meksiko yang turun di bandara internasional. Korea Selatan, China, dan Taiwan juga melakukan kebijakan yang sama.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pandemi influenza A-H1N1 (flu babi) bergerak ke seluruh penjuru dunia dengan kecepatan luar biasa atau di luar perkiraan. Flu babi juga masuk ke Indonesia melalui wisatawan yang pergi ke daerah-daerah terjangkit penyakit tersebut.

4. Flu Burung (H5N1)

Selain Corona, Inilah 10 Wabah Virus yang Menggegerkan Dunia


Wabah flu burung pertama kali ditemukan di Italia pada 1878. Tetapi baru dikenali dalam wabah besar yang menyerang peternakan ayam di Amerika Serikat (AS) pada 1924-1925. Pada Maret 1997, flu burung dari subtipe H5N1 mulai menjangkiti peternakan ayam di Hongkong.

Dua bulan kemudian, flu itu menular ke seorang anak laki-laki berusia tiga tahun yang akhirnya meninggal. Sebanyak 17 orang terjangkit virus yang sama di Hongkong pada Desember 1997.

Virus H5N1 kemudian menjadi perhatian utama para ahli, karena dapat bermutasi dengan cepat. Virus itu juga mampu berubah menjadi beberapa subtipe virus yang baru sehingga dapat menular ke spesies lain, termasuk manusia. Di Indonesia penyakit flu burung menyebabkan kematian 10 juta ayam petelur.

5. Flu Unta atau MERS

Selain Corona, Inilah 10 Wabah Virus yang Menggegerkan Dunia


Salah satu wabah virus paling mematikan dalam hal tingkat kematian terjadi pada 2012. Penyebabnya adalah betacoronavirus yang menyebabkan sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS), juga dikenal sebagai "flu unta".

Virus ini ditemukan di Arab Saudi dan kemudian menyebar ke negara-negara Timur Tengah lainnya, sebagian besar memengaruhi Arab Saudi sendiri dan kemudian bermigrasi ke Eropa, AS, dan Asia. Meski hanya menjangkiti 1.329 orang antara September 2012 dan Juni 2015, namun virus ini memiliki tingkat kematian hingga 39% dengan total menewaskan 525 orang.

6. Ebola

Selain Corona, Inilah 10 Wabah Virus yang Menggegerkan Dunia


Ada lima jenis virus Ebola, masing-masing dinamai menurut negara dan wilayah di Afrika: Zaire, Sudan, Hutan Tai, Bundibugyo dan Reston. Virus Zaire Ebola adalah yang paling mematikan, dengan tingkat kematian 90%.
Setelah Zaire, ebola menyebar melalui Guinea, Sierra Leone, Liberia dan banyak negara Afrika lain dengan kadar berbeda. Para ilmuwan mengatakan, rubah terbang mungkin membawa virus Zaire Ebola ke kota-kota.

7. Pandemi Kolera Ke-6

Selain Corona, Inilah 10 Wabah Virus yang Menggegerkan Dunia


Flu Asia adalah wabah pandemi Influenza A subtipe H2N2, yang berasal dari China. Wabah ini terjadi pada 1956 dan berlangsung hingga tahun 1958. Dalam masa dua tahun, Flu Asia menyebar dari Provinsi Guizhou, China, Singapura, Hong Kong dan Amerika Serikat.

Perkiraan jumlah korban meninggal karena Flu Asia bervariasi, tergantung pada sumbernya. Tetapi WHO menempatkan penghitungan akhir sekitar 2 juta kematian, 69.800 di antaranya dari Amerika Serikat saja.

9. Dengue

Selain Corona, Inilah 10 Wabah Virus yang Menggegerkan Dunia


Demam berdarah adalah ancaman konstan. Jika Anda merencanakan liburan di daerah tropis, dapatkan informasi tentang demam berdarah. Ditularkan oleh nyamuk, demam berdarah menyerang antara 50 dan 100 juta orang per tahun di tujuan liburan populer seperti Thailand dan India. Sementara di Filipina, lebih dari 1000 warga meninggal dan ada lebih dari 400 ribu kasus yang terjadi, hampir 2 kali jumlah kasus dari tahun sebelumnya.

10. Virus Zika

Selain Corona, Inilah 10 Wabah Virus yang Menggegerkan Dunia


Zika adalah nama penyakit yang juga disebabkan oleh nyamuk, muncul pertama kali di Brasil tahun 2015 dan menyebar ke lebih dari 50 negara. Terdapat setidaknya 3 kasus dilaporkan di Hong Kong dari orang-orang yang sebelumnya mengunjungi Amerika Latin dan Karibia, dan 22 kasus di China. Zika biasanya tidak memerlukan perawatan tertentu, tetapi berbahaya untuk wanita hamil karena berkaitan dengan mikrocefalus: yaitu bayi lahir dengan kepala kecil abnormal dan otak yang berbentuk tidak normal.
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak