Puluhan Demonstran Anti-Lukashenko Hilang, Termasuk Capres Oposisi Belarusia

Rabu, 02 September 2020 - 09:30 WIB
loading...
Puluhan Demonstran Anti-Lukashenko Hilang, Termasuk Capres Oposisi Belarusia
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. Foto/REUTERS/Vasily Fedosenko
A A A
MINSK - Puluhan warga Belarusia yang ditangkap saat memprotes hasil pemilihan presiden 9 Agustus telah hilang. Calon presiden (capres) 2020 dari kubu oposisi, Sergei Tikhanovsky, termasuk di antara mereka yang hilang.

Pemimpin oposisi Svetlana Tikhanovskaya, 37, dalam wawancara dengan Politico, mengaku mengkhawatirkan keselamatan para pendukungnya yang hilang. Dia menyebut mereka yang hilang usai ditangkap sebagai tahanan politik di bawah rezim pemimpin otoriter Alexander Lukashenko .

"Yang ingin saya sampaikan adalah banyak orang di Belarusia sekarang menjadi tahanan politik," katanya dari markasnya di Lituania. (Baca: Presiden Belarusia Akan Mundur setelah Referendum )

"Mereka hanya berada di penjara tanpa pengadilan, dan mereka berada di sana hanya karena keinginan mereka, saya tidak tahu, untuk berbicara tentang apa yang terjadi di Belarusia , tentang keinginan mereka untuk hidup di negara bebas," katanya lagi, yang dilansir Rabu (2/9/2020).

Tikhanovskaya menjelaskan bahwa keberadaan sekitar 70 orang masih belum diketahui, termasuk suaminya yang juga calon presiden 2020 Sergei Tikhanovsky.

Sedikitnya empat pengunjuk rasa telah ditemukan tewas. "Semua orang telah melihat semua kekerasan yang telah dilakukan pihak berwenang kami, polisi kami dilakukan terhadap semua orang yang damai ini," katanya. (Baca: Didemo Rakyatnya, Lukashenko Turun dari Helikopter Menenteng Senapan Serbu AK )

"Dan tidak ada satu kasus pidana pun yang diorganisir untuk menyelidiki ini, Anda tahu kejahatan ini, seolah-olah itu normal. Tidak, ini tidak normal dan kasus-kasus harus dibuka terhadap setiap polisi yang memukuli orang-orang ini," paparnya.

Puluhan ribu orang bentrok dengan kontingen besar polisi antihuru-hara di Minsk pada akhir pekan selama pekan ketiga demonstrasi.

Tikhanovskaya berjanji gerakan unjuk rasa tidak akan berhenti sampai Lukashenko melepaskan kekuasaannya. "Saya tahu ini tidak akan berhenti," katanya. "Anda harus mengerti...kami bangun...kami tidak akan menerima dia lagi."

Tikhanovskaya mengaku tidak memiliki keinginan untuk menjadi presiden Belarusia. Dia mengatakan kepada Politico bahwa pembebasan para tahanan dan penggantian komisi pemilihan pusat adalah prioritas utamanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)