Jerman: Ancaman Sanksi AS pada Irak Tak Bantu Redam Ketegangan

Senin, 06 Januari 2020 - 23:37 WIB
Jerman: Ancaman Sanksi AS pada Irak Tak Bantu Redam Ketegangan
Jerman: Ancaman Sanksi AS pada Irak Tak Bantu Redam Ketegangan
A A A
BERLIN - Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas mengatakan ancaman sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Irak adalah salah dan sangat tidak membantu meredam ketegangan. Ini adalah respon atas pernyataan Presiden AS, Donald Trump bahwa dia akan menjatuhkan sanksi kepada Irak, jika Baghdad memaksa tentara AS keluar dari negara itu.

Trump mengatakan bahwa pembangunan pangkalan AS di Irak menggunakan biaya yang sangat besar dan AS baru akan keluar dari Irak jika mereka membayar ganti rugi. Dia lalu menuturkan, AS akan menjatuhkan sanksi keras kepada Irak.

"Saya tidak berpikir itu akan berhasil meyakinkan Irak dengan ancaman, seharusnya dilakukan dengan argumen," kata Maas dalam wawancara dengan radio Deutschlandfunk, seperti dilansir Reuters pada Senin (6/1/2020).

Dalam wawancara tersebut, Maas kemudian mengatakan bahwa Jerman, Inggris, dan Prancis akan membahas kesepakatan nuklir Iran dan akan memberikan respon atas pengumuman Teheran baru-baru ini.

Iran kemarin mengatakan bahwa mereka akan meninggalkan batasan pada pengayaan uranium, mengambil langkah lebih jauh dari komitmen untuk perjanjian nuklir 2015 dengan enam kekuatan dunia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4589 seconds (0.1#10.140)