AS Khawatir Kapalnya di Pasifik Ditenggelamkan Rudal Hipersonik China

Senin, 28 Oktober 2024 - 10:27 WIB
loading...
AS Khawatir Kapalnya...
AS akan persenjatai kapal perangnya dengan rudal pencegat Patriot karena khawatir dengan ancaman rudal hipersonik China. Foto/Departemen Pertahanan AS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) khawatir kapal-kapalnya di Pasifik ditenggelamkan oleh rudal hipersonik China.

Dengan asalan itulah, kapal perang Washington akan dipersenjatai rudal pencegat Patriot untuk melawan ancaman Beijing.

Kekhawatiran Washington tentang senjata hipersonik Beijing disampaikan dua pejabat senior pertahanan Amerika kepada Reuters.

Menurut laporan Reuters, seorang pejabat industri pertahanan mengatakan menempatkan misil pencegat Patriot Advanced Capability-3 Missile Segment Enhancement (PAC-3 MSE) yang sangat lincah—yang selama ini digunakan terutama di AS oleh Angkatan Darat—di atas kapal Angkatan Laut mengantisipasi kemajuan dalam teknologi rudal China, termasuk penggunaan senjata hipersonik yang sangat bermanuver.



Mengintegrasikan rudal buatan Lockheed Martin itu dengan pertahanan udara kapal terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan Indo-Pasifik saat China dengan cepat memodernisasi militernya.

Pakar militer China mengatakan Amerika menggunakan dalih ancaman rudal China sebagai alasan untuk mengejar "superioritas militer absolut".

Zhang Junshe, seorang pakar militer China, mengatakan kepada Global Times bahwa untuk memastikan keunggulan militer absolut terhadap lawan-lawannya, militer AS telah melakukan banyak upaya dalam beberapa tahun terakhir untuk mengembangkan berbagai sistem serangan dan pertahanan rudal.

"Sebelumnya, militer AS telah berupaya untuk mentransfer sistem rudal jelajah Tomahawk berbasis kapal ke darat, meningkatkan kemampuan serangan rudalnya terhadap negara-negara lain dari darat. Sekarang, mereka berupaya untuk menyebarkan sistem rudal berbasis darat di laut untuk meningkatkan kemampuan pertahanan udara rudal," kata Zhang.

Namun, Zhang mencatat bahwa jika AS tidak memprovokasi perang, tidak ada negara yang akan mengambil inisiatif untuk menyerang kapal-kapal AS.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0865 seconds (0.1#10.140)