Benarkah Serangan Israel Menimbulkan Kerusakan yang Signifikan di Iran?

Senin, 28 Oktober 2024 - 21:05 WIB
loading...
Benarkah Serangan Israel...
Serangan Israel diklaim menimbulkan kerusakan yang signifikan. Foto/Tasmin
A A A
TEHERAN - Serangan udara balasan Israel terhadap Iran akhir pekan lalu menyebabkan "kerusakan signifikan". Meskipun Presiden AS Joe Biden mendesak pengekangan diri dan memveto sejumlah target potensial, termasuk infrastruktur nuklir dan energi.

Benarkah Serangan Israel Menimbulkan Kerusakan yang Signifikan di Iran?

1. Hasil Serangan Israel Diklaim Signifikan

Farzin Nadimi, seorang analis keamanan dan peneliti senior di Washington Institute, mengatakan kepada Iran International bahwa pemboman Israel selama empat jam mencapai "hasil yang sangat signifikan", meskipun Washington mendesak negara Yahudi itu untuk memoderasi responsnya terhadap hampir 200 rudal balistik yang ditembakkan ke Israel bulan ini.

Situs-situs termasuk bekas lokasi pengujian nuklir ditutup pada tahun 2003 dan fasilitas militer terkena serangan itu.

Namun, ia mengatakan serangan itu tidak boleh dilebih-lebihkan. "Jika Israel bermaksud menargetkan pertahanan udara Iran, termasuk pusat komando dan kendalinya, Israel harus melakukan operasi yang lebih kompleks, berkepanjangan, dan lebih berisiko."

Menurut Nadimi, beberapa dari target yang lebih berisiko itu terletak "di bawah gunung dan di bawah tanah," seraya menambahkan bahwa menyerang mereka tidak mungkin dilakukan hanya dengan rudal balistik yang diluncurkan dari udara.

Reuters melaporkan bahwa serangan itu terjadi setelah berminggu-minggu pemerintahan Biden meredam sifat respons Israel terhadap serangan yang dikhawatirkan banyak orang akan memicu perang regional.

2. Serangan yang Proporsional

Karena khawatir akan gejolak besar antara musuh bebuyutan tersebut, Presiden AS, Joe Biden, dan pemerintahannya, telah melakukan kontak rutin dengan pejabat Israel untuk menjaga pembalasan agar tetap "proporsional".

Seorang pejabat senior AS mengatakan kepada Iran International bahwa AS "tidak menyetujui target, kami juga tidak ingin mengambil tanggung jawab itu", namun, karena kawasan tersebut berada di ambang perang habis-habisan, Washington telah bersikap kritis dalam meredam respons Israel.

Reuters melaporkan bahwa hanya beberapa jam setelah serangan rudal besar-besaran Iran, pemerintahan tersebut mengirim pesan mendesak kepada Israel yang mendesak mereka untuk menahan napas, dan membuat respons yang diperhitungkan terhadap dua serangan berturut-turut yang mengirim seluruh negara ke tempat perlindungan bom.

Mengutip pejabat AS saat ini dan sebelumnya, Reuters melaporkan bahwa AS telah melakukan yang terbaik untuk memengaruhi sifat respons tersebut, dengan menegaskan bahwa AS tidak akan mendukung serangan terhadap fasilitas nuklir Iran.

3. Fasilitas Rudal Iran Hancur

Sementara Israel menghancurkan pertahanan udara dan fasilitas produksi rudal utama Iran, yang melemahkan militer Iran, serangan itu tidak mengenai lokasi nuklir dan infrastruktur energi Iran yang sensitif, sehingga memenuhi dua tuntutan utama Biden.

"Tekanan AS sangat penting," kata Jonathan Panikoff, mantan wakil pejabat intelijen nasional AS untuk Timur Tengah, saat berbicara kepada Reuters.

"Pengambilan keputusan Israel akan jauh berbeda jika pemerintahan Biden tidak mengambil tindakan untuk mendorong Israel agar tidak menyerang situs nuklir atau energi," tambahnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0731 seconds (0.1#10.140)