3 Jasa Hizbullah bagi Rakyat Lebanon, Salah Satunya Mempertahankan Kedaulatan Negara

Senin, 21 Oktober 2024 - 23:55 WIB
loading...
A A A
Dukungan besar dari sekutu di Iran dan Suriah juga memungkinkan Hizbullah memainkan peran yang sangat besar di negara Lebanon.

Seberapa populerkah Hizbullah di Lebanon? Dukungan lokal yang diterima Hizbullah sebagai satu-satunya kekuatan Lebanon yang mampu memberikan pencegahan terhadap serangan Israel telah terkikis selama bertahun-tahun, terutama setelah membantu diktator Suriah, Bashar al-Assad, menekan pemberontakan pro-demokrasi dengan kekuatan berdarah dan mematikan.

Sebagai kekuatan proksi Iran yang paling kuat di wilayahnya, Hizbullah dapat dipaksa atau setidaknya dipaksa untuk berperang demi Assad, yang merupakan sekutu dekat Teheran dan bagian dari "poros perlawanan"-nya terhadap Israel dan AS.

Namun, banyak orang Lebanon melihat serangan Hizbullah terhadap warga Suriah sebagai intervensi yang tidak adil dalam konflik asing – yang berisiko menyeret negara mereka yang rapuh ke dalam kerusuhan lebih lanjut saat masih memulihkan diri dari luka-luka perang saudaranya sendiri, beberapa dekade setelah perang itu secara resmi berakhir.

3. Meningkatkan Posisi Tawar Lebanon di Panggung Geopolitik

Pada awalnya, kelompok ini menyerang target-target AS, yang menyebabkan Washington menetapkannya sebagai organisasi teroris.

"Dukungan Iran telah membantu Hizbullah mengonsolidasikan posisinya sebagai aktor politik Lebanon yang paling kuat sekaligus aktor militer yang paling lengkap yang didukung oleh Iran di seluruh Timur Tengah," kata Lina Khatib, direktur SOAS Middle East Institute di London.

Pejuang Hizbullah menyergap patroli Israel pada tahun 2006 dan menyandera dua tentara Israel. Hizbullah dan Israel terlibat perang selama sebulan yang berakhir seri, tetapi pemboman Israel mengakibatkan kerusakan yang luas di Lebanon selatan.

Tujuan Israel adalah melenyapkan Hizbullah, tetapi kelompok Lebanon itu muncul lebih kuat dan menjadi kekuatan militer dan politik utama di perbatasan utara Israel.

Penentang domestik mengkritik Hizbullah karena mempertahankan persenjataannya dan mendominasi pemerintah. Reputasi Hizbullah juga tercoreng ketika sempat merebut sebagian wilayah Beirut pada bulan Mei 2008 setelah pemerintah Lebanon mengambil tindakan terhadap jaringan telekomunikasi swastanya.

Kemampuan militer Hizbullah juga meningkat, dan telah memainkan peran kunci dalam perang saudara Suriah, menjaga Presiden Bashar al-Assad tetap berkuasa. Dan telah membantu melatih milisi yang didukung Iran di Suriah dan Irak, serta pemberontak Houthi Yaman.

Hizbullah adalah pasukan paramiliter paling signifikan di dunia Arab dengan struktur internal yang kuat serta persenjataan yang cukup besar. Israel melihatnya sebagai ancaman paling langsung, dan memperkirakan bahwa mereka memiliki persenjataan sebanyak 150.000 roket dan rudal, termasuk rudal berpemandu presisi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)