10 Surat Kabar Tertua di Dunia

Sabtu, 21 Desember 2019 - 06:33 WIB
10 Surat Kabar Tertua di Dunia
10 Surat Kabar Tertua di Dunia
A A A
PENEMUAN mesin cetak oleh Johannes Gutenberg pada pertengahan abad XV melahirkan banyak perubahan dalam peradaban manusia, salah satunya mulai berkembangnya pembuatan buku dan juga surat kabar. Khusus surat kabar, keberadaan mesin cetak membuat koran bisa diperbanyak untuk dijual. Dalam sejarahnya berikut 10 koran tertua yang pernah lahir di muka bumi.

1. Relation aller Furnemmen und gedenckwUrdigen Historien
10 Surat Kabar Tertua di Dunia
Tahun berdiri : 1605Bahasa : Jerman
Negara asal : Kekaisaran Romawi
Penerbit : Johann Carolus

Johan Carolus yang berkebangsaan Jerman, mencetak surat kabar pertama, yaitu “Relation aller Furnemmen und gedenckwurdigen Historien” (Collection of all distinguished and commemorable news). Diterbitkan tahun 1605, di Strasbourg, Alsace, Prancis. Bentuknya masih berupa pamflet, dan dikenal dengan Petisi Carolus. Ditemukan di data arsip Strasbourg Municipal pada 1980 dan dapat dikatakan sebagai awal dari terbitnya surat kabar.

2. Avisa Relation oder Zeitung

10 Surat Kabar Tertua di Dunia


Tahun berdiri : 1618
Bahasa : Belanda
Negara asal : Spanyol-Belanda
Penerbit : Abraham Verhoeven
Berita yang ditampilkan di Antwerp Gazette bersumber dari Eropa Barat dan Tengah dan meliput berbagai macam berita umum, sering kali termasuk kolom satir, doa, berita selebriti, dan lagu serta syair. Setiap kertas memuat setidaknya satu ilustrasi potongan kayu. Surat kabat berformat makalah ini kental menyuarakan kepentingan kaum Katolik.
5. La Gazette

10 Surat Kabar Tertua di Dunia


Tahun berdiri : 1631
Bahasa : Prancis
Negara asal : Prancis
Penerbit : Theophraste Renaudot (pendiri)
La Gazette bukan hanya surat kabar Prancis pertama, tetapi juga majalah mingguan pertama yang diterbitkan di Prancis. La Gazette berfokus pada berita politik dan menjadi "organ resmi dari Pemerintah kerajaan". Surat kabar itu bertahan dalam jumlah waktu mengesankan sebelum menutup publikasi pada 1915.
6. Gazeta

10 Surat Kabar Tertua di Dunia


Tahun berdiri : 1641
Bahasa : Catalan
Negara asal : Spanyol
Penerbit : Tidak diketahui
Tidak banyak sumber yang mengungkap awal lahirnya Gazeta bahkan disebut-sebut hampir tidak memenuhi definisi surat kabar karena usianya yang pendek. Itu adalah surat kabar Catalan pertama dan majalah berkala pertama di Semenanjung Iberia.
7. Post- och Inrikes Tidningar

10 Surat Kabar Tertua di Dunia


Tahun berdiri : 1645
Bahasa : Swedia
Negara asal : Swedia
Penerbit : Horace Engdahl
Dikenal juga sebagai PoIT - yang diterjemahkan menjadi "Waktu Post dan Domestik" - surat kabar ini adalah lembaran pemerintah dan surat kabar negara Swedia. Ini adalah surat kabar tertua yang masih terbit hingga hari ini, meskipun beralih ke publikasi online pada 2007.
8. Einkommende Zeitungen

10 Surat Kabar Tertua di Dunia


Tahun berdiri : 1650
Bahasa : Jerman
Negara asal : Jerman
Penerbit : Timotheus Ritzsch
Einkommende Zeitungen adalah surat kabar harian pertama yang pernah diterbitkan di dunia. Sayangnya, tidak banyak yang diketahui tentang surat kabar ini selain warisannya sebagai yang pertama dari jenisnya. Didirikan pada 1 Juli 1650 di Leipzig, Jerman.
9. Weeckelycke Courante van Europa
10 Surat Kabar Tertua di Dunia
Tahun berdiri : 1656Bahasa : Belanda
Negara asal : Republik Belanda
Penerbit : Abraham Casteleyn and Margaretha van Bancken

Courante awalnya diterbitkan oleh sepasang suami istri warga Belanda. Namun pada 1664, oleh pemerintah nama surat kabar diubah menjadi De Oprechte Haerlemse Courant. Dalam perkembangannya Courante terbit dengan format Bahasa Inggris. Salah satu laporan di koran ini yang cukup terkenal adalah “Haarlems Dagblad” pada 1942.

10. La Gaceta de Madrid

10 Surat Kabar Tertua di Dunia


Tahun berdiri : 1661
Bahasa : Spanyol
Negara asal : Kerajaan Spanyol
Penerbit : Royal Assent (Penerbit asli tidak dikenal)
Awal 1936, La Gaceta de Madrid diganti namanya menjadi Boletín Oficial del Estado. Surat kabar ini diterbitkan setiap hari, kecuali pada hari Minggu, dan utamanya menerbitkan dekrit, undang-undang, peraturan, perintah, dan tindakan lainnya sesuai Pasal 9.3 dari Konstitusi Spanyol tahun 1978. Sejak 2009, surat kabar itu hanya terbit online.
Sumber: http://www.oldest.org
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3200 seconds (0.1#10.140)