Media Asing Soroti Bagaimana Jokowi yang Akan Lengser Arahkan Putranya ke Kursi Wapres

Selasa, 15 Oktober 2024 - 15:29 WIB
loading...
A A A
Pada bulan Juni, Gibran meminta maaf setelah membagikan buku catatan kepada anak-anak saat berkunjung ke sebuah sekolah dengan wajah putranya yang masih kecil di sampulnya, yang mendorong para kritikus bercanda bahwa anak itu adalah orang berikutnya yang akan mencalonkan diri sebagai pejabat.

Menurut dua orang yang mengetahui percakapan tersebut, penasihat Jokowi memperingatkannya pada tahun 2020 saat Gibran mencalonkan diri sebagai wali kota tentang gaya komunikasinya yang buruk.

Jokowi mengakui kekhawatiran tersebut tetapi percaya bahwa posisi yang pernah dipegangnya adalah tempat pelatihan yang baik untuk politik nasional, kata seorang sumber.

Salah satu kendala rencana tersebut adalah FX Hadi Rudyatmo, ketua PDI-P Surakarta. Awalnya, dia tidak mendukung keputusan untuk mencalonkan Gibran, kata Hasto Kristiyanto kepada Reuters.

Dalam upaya untuk menenangkan pejabat tersebut, Jokowi menawarinya jabatan wakil menteri, yang ditolaknya, kata Hasto.

Hadi Rudyatmo tidak menanggapi permintaan komentar.

Presiden juga memanggil jaringan relawannya yang berpengaruh, Projo, untuk membantu kampanye Gibran, kata seorang sumber yang mengetahui upaya tersebut.

Panel Barus, seorang pejabat senior di kelompok tersebut, mengatakan bahwa Projo bertindak atas kemauannya sendiri.

Para pembela Gibran mengatakan bahwa dia telah meningkat sebagai komunikator politik. Sebagian besar pengamat setuju bahwa dia tampil baik melawan dua pesaing yang lebih berpengalaman selama debat calon presiden dan calon wakil presiden di televisi tahun ini.

"Dia tidak banyak bicara, tetapi dia pendengar yang baik," kata mantan wakil gubernur provinsi Jawa Timur Emil Dardak, bagian dari tim yang menasihati Gibran.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)