7 Skenario Kemungkinan Respons Israel terhadap Serangan Rudal Iran

Kamis, 10 Oktober 2024 - 19:45 WIB
loading...
A A A

Skenario 5


Israel mungkin melancarkan serangan gabungan terhadap pilar-pilar Front Perlawanan, dari pusat militer Pasukan Mobilisasi Populer Irak hingga pemboman bandara di Beirut dan Suriah, meningkatkan serangan terhadap Lebanon, dan mengebom pelabuhan Hodeidah di Yaman.

Ini juga dapat mencakup serangan siber terhadap infrastruktur penting Iran.

Beban berat serangan ini akan menyebar ke seluruh Front Perlawanan, yang berpotensi menghalangi pembalasan langsung.

Skenario 6


Kemungkinan lain adalah menyerang fasilitas nuklir Iran di Natanz dan Fordow. Serangan semacam itu tidak dapat dilakukan dengan menggunakan rudal dan akan memerlukan serangan udara.

Namun, pembatasan penerbangan jarak jauh oleh negara-negara seperti Yordania, Arab Saudi, Turki, Suriah, dan Irak, bersama dengan pertahanan udara berlapis-lapis Iran dan kebutuhan untuk mengisi bahan bakar, membuat skenario ini sangat tidak mungkin.

Lebih jauh lagi, Israel tidak memiliki kemampuan membawa bom penghancur bunker Amerika Serikat (GBU-57A/B), yang beratnya 30.000 pon dan hanya dapat dioperasikan oleh pesawat pengebom B-2 Spirit AS.

Skenario ini hampir mustahil, karena akan memicu eskalasi regional, yang mungkin menghentikan ekspor minyak ke AS dan Eropa.

Jika skenario ini terwujud, respons Iran dapat melibatkan penargetan reaktor nuklir Dimona milik Israel, yang berisiko menimbulkan konfrontasi nuklir yang mahal yang tidak diinginkan kedua belah pihak.

Skenario 7


Terakhir, Israel dapat menyerang pelabuhan, terminal ekspor minyak, atau fasilitas baja Iran.

Skenario ini dapat melibatkan rute berisiko rendah dan berbiaya rendah, seperti operasi dari Laut Merah, Samudra Hindia, dan Teluk Persia, dengan menggunakan dukungan angkatan laut AS.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)