Kenapa Raja Abdullah Yordania Perintahkan Tentaranya untuk Lindungi Israel?

Kamis, 10 Oktober 2024 - 13:47 WIB
loading...
A A A
Yordania sangat kritis terhadap tindakan Israel di Gaza. Namun, Ghaith al-Omari, peneliti senior di Washington Institute for Near East Policy, mengatakan bantuannya terhadap serangan Iran membuktikan kekuatan kepentingan keamanan bersama Yordania dengan Israel.

Meskipun ada ketegangan politik, "hubungan militer dan intelijen tidak pernah berakhir," katanya kepada The Times of Israel.

"Faktanya, semakin buruk politiknya, semakin dekat militernya, karena mereka berdua memahami perlunya menjaga hubungan ini. Ini adalah bagian dari doktrin militer Yordania dan doktrin militer Israel." Pejabat Yordania tidak banyak bicara, seolah-olah meremehkan keterlibatan mereka dalam serangan akhir pekan lalu, sebaliknya bersikeras bahwa mereka melindungi keamanan mereka sendiri saat proyektil Iran melewati wilayah udara mereka.

5. Upaya untuk Membela Diri

Brian Katulis, seorang peneliti senior kebijakan luar negeri AS di Middle East Institute, setuju bahwa, pertama dan terutama, respons Yordania adalah membela diri.

Namun, katanya, hal itu juga mengirimkan pesan: "Meskipun kami memiliki perbedaan dan perbedaan yang kuat dengan Israel ... tentang perang Gaza dan hal-hal lainnya, kami memiliki kepentingan bersama dalam memastikan bahwa wilayah udara di wilayah kami dipertahankan."

Thomas Juneau, asisten profesor di Sekolah Pascasarjana Urusan Publik dan Internasional di Universitas Ottawa, mengatakan bahwa ia tidak terkejut bahwa, di depan umum, Yordania mencoba meremehkan perannya. Negara tersebut berada dalam posisi yang genting — perjanjian damai dengan Israel sangat tidak disukai oleh penduduknya, yang mencakup banyak warga Palestina.

Protes terhadap perang di Gaza baru-baru ini semakin meningkat di Yordania. Namun, monarki Yordania sangat dekat dengan Israel dan AS dan sangat bergantung pada AS untuk dukungan keamanan, politik, diplomatik, dan pembangunan, kata Juneau.

Pemerintah Yordania juga berkepentingan untuk menghindari ketegangan antara Israel dan Iran, karena Yordania, yang berbatasan dengan Israel, akan berada di urutan teratas daftar negara-negara lain yang paling menderita, kata Juneau.

Membantu membela Israel adalah "salah satu cara untuk mencoba melakukan bagiannya guna mencegah hal ini meningkat." kata Juneau.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)