Perang Dunia III Bisa Pecah di Balkan, Berikut 6 Pemicunya

Minggu, 06 Oktober 2024 - 22:45 WIB
loading...
A A A
Menurut data Kementerian Pertahanan Kroasia, anggaran militer 2024 untuk modernisasi angkatan darat meningkat 622% dibandingkan tahun 2016.

3. Montenegro dan Slovenia Juga Tambah Anggaran Militer

Montenegro, yang menjadi anggota NATO pada tahun 2017 dan melanjutkan proses keanggotaan UE-nya, juga telah mengalokasikan setidaknya 2% dari produk domestik bruto (PDB) untuk pertahanan.

Kementerian Pertahanan Montenegro mengatakan bahwa 35,7% dari anggaran militer 2024 akan dialokasikan untuk investasi, sementara pembelian baru seperti kapal patroli dan helikopter masuk dalam agenda.

Meskipun wajib militer belum dilaksanakan di Montenegro sejak 2006, negara itu mengatakan bahwa tidak seperti Serbia dan Kroasia, mengembalikan praktik ini tidak ada dalam agenda Montenegro.

Negara regional lain yang merupakan anggota NATO dan UE, Slovenia, juga masuk dalam daftar negara yang menambah anggaran militer 2024. Slovenia juga termasuk negara yang tidak berencana untuk memberlakukan kembali wajib militer, yang telah ditangguhkannya sejak 2003.


4. Makedonia Utara Kembangkan Angkatan Darat

Makedonia Utara, yang telah menjadi anggota NATO sejak 2020, menghapus wajib militer pada 2006 dan angkatan daratnya sepenuhnya diprofesionalkan pada 2006-2007.

Meskipun pemberlakuan kembali wajib militer sedang dibahas di depan umum, topik tersebut belum masuk dalam agenda negara tersebut.

Negara yang telah berpartisipasi dalam banyak misi dan latihan internasional sebelum dan sesudah menjadi anggota NATO ini juga berencana untuk membeli peralatan pertahanan yang sesuai dengan standar NATO.

Makedonia Utara, yang menerima sumbangan peralatan militer dari negara-negara anggota NATO, khususnya Turki, peduli dengan modernisasi angkatan daratnya.

Menteri Pertahanan Vlado Misajlovski mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah upacara yang menandai penyerahan peralatan militer yang disumbangkan kepada tentara mereka oleh Kementerian Pertahanan Nasional Turki pada 30 Agustus bahwa mereka akan melanjutkan modernisasi militer negara itu dengan peralatan baru.

5. Kosovo Ikut Tren

Kosovo mengubah Pasukan Keamanan Kosovo (FSK) menjadi angkatan bersenjata dengan amandemen hukum 2018.

FSK didirikan pada tahun 2009 untuk menyediakan operasi manajemen krisis di seluruh negeri dan perbatasan serta bertugas dalam operasi pertahanan sipil di negara tersebut dan menangani bencana alam serta keadaan darurat lainnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0892 seconds (0.1#10.140)