Perang Dunia III Bisa Pecah di Balkan, Berikut 6 Pemicunya

Minggu, 06 Oktober 2024 - 22:45 WIB
loading...
A A A
Diharapkan Kosovo akan memiliki sekitar 7.500 personel militer setelah proses tersebut selesai, yang diperkirakan akan memakan waktu 10 tahun.

Pemerintah Kosovo mendirikan Dana Keamanan pada tahun 2022, yang melaluinya warga negara dapat memberikan kontribusi terhadap anggaran Kementerian Pertahanan untuk pembelian peralatan militer. Selain itu, pemerintah menyetujui Program Nasional untuk Perlindungan Komprehensif pada tanggal 11 September.

Program tersebut disiapkan berdasarkan sistem serupa yang diterapkan di negara-negara anggota NATO dan bertujuan untuk membangun ketahanan nasional di negara tersebut sehingga masyarakat dapat secara sukarela bergabung dan mendukung tentara jika terjadi bencana alam atau serangan bersenjata dan siap untuk bereaksi.

Kosovo, yang mengalokasikan lebih dari €200 juta ($220 juta) untuk persenjataan dan peralatan pada tahun 2021-2023 sebagai bagian dari proses mengubah FSK menjadi angkatan darat, melakukan pembelian paling mencolok berupa kendaraan udara nirawak (UAV) Bayraktar TB2 SIHA dari Turki tahun lalu.

Di sisi lain, Kosovo bermaksud untuk menjadi anggota Program Kemitraan untuk Perdamaian, yang merupakan prasyarat untuk keanggotaan NATO.

6. Bosnia dan Herzegovina Tertinggal dalam Mobilitas Pertahanan

Karena struktur politik yang kompleks yang muncul dengan Perjanjian Damai Dayton setelah perang di Bosnia dan Herzegovina pada tahun 1990-an, dianggap "hampir mustahil" untuk membuat inovasi di bidang pertahanan dan militer di negara tersebut.

Sementara Republika Srpska (RS), salah satu dari dua entitas Bosnia dan Herzegovina, melakukan banyak investasi di bidang pertahanan, entitas negara lainnya, Federasi Bosnia dan Herzegovina (FBIH), masih kekurangan dalam hal ini.

Albania menjadi tuan rumah pangkalan udara pertama NATO di wilayah tersebut

Albania menjadi anggota NATO pada tahun 2009. Negara tersebut, yang menghapus wajib militer setelah bergabung dengan NATO, memiliki angkatan darat yang terdiri dari personel profesional yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu.

Pada bulan Maret tahun ini, Pangkalan Udara Taktis Kucove, pangkalan udara pertama NATO di Balkan Barat, dibuka di kotamadya Kucove di Kabupaten Berat di bagian selatan negara tersebut.

Sementara pihak berwenang menunjukkan bahwa pangkalan tersebut memberi Albania kepentingan geostrategis baru, Perdana Menteri Edi Rama mengatakan bahwa mereka sedang berupaya membangun pangkalan angkatan laut NATO di Kabupaten Durres di bagian barat negara tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0837 seconds (0.1#10.140)