Intelijen AS: Yahya Sinwar Ingin Israel Terseret dalam Perang Regional

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 21:40 WIB
loading...
Intelijen AS: Yahya...
Yahya Sinwar ingin Israel terseret dalam perang regional. Foto/Press TV
A A A
WASHINGTON - Pemimpin Hamas Yahya Sinwar ingin Israel terseret ke dalam konflik regional yang lebih luas. Itu diungkapkan New York Times mengutip sumber intelijen AS.

Menurut penilaian intelijen AS , "perang yang lebih besar" di Timur Tengah akan mengalihkan perhatian Israeldan memberi tekanan pada Pasukan Pertahanan Israel (IDF), yang memaksanya untuk mengalihkan fokus dari Gaza ke medan perang lainnya.

Minggu depan menandai satu tahun sejak Hamas melancarkan serangan mendadak ke Israel, yang menanggapinya dengan menyatakan perang terhadap kelompok militan tersebut dan memberlakukan pengepungan hampir total di Gaza. Israel dan Hamas sejak itu telah mengadakan beberapa putaran pembicaraan tidak langsung di Qatar yang bertujuan untuk menengahi gencatan senjata, tetapi sejauh ini gagal membuahkan hasil.

Menurut pejabat yang berbicara kepada surat kabar tersebut, negosiasi tersebut tidak mungkin menghasilkan hasil yang berarti dalam waktu dekat, karena pemimpin baru Hamas, Sinwar, diduga "tidak memiliki niat untuk mencapai kesepakatan" dengan Israel sama sekali. Beberapa pejabat Israel telah mempertanyakan apakah Sinwar masih hidup, tetapi sumber NYT mengatakan AS tidak memiliki bukti yang bertentangan.

Baca Juga:
">AS Tuding Iran Mulai Operasi Serangan ke Komunitas Yahudi di Seluruh Dunia

Menurut sumber tersebut, Sinwar adalah negosiator yang jauh lebih "tidak fleksibel" daripada pendahulunya, Ismail Haniyeh, yang dibunuh di Teheran musim panas ini – diduga oleh Israel. Sinwar juga dilaporkan memilih untuk tidak ikut serta dalam tahap pertempuran saat ini, dengan harapan Israel akan mengalihkan fokus militernya ke Iran dan Hizbullah yang berbasis di Lebanon, sehingga memberi Hamas kesempatan untuk berkumpul kembali.

Baik Iran maupun Hizbullah telah mendukung Hamas dalam perang tersebut, tetapi keterlibatan militer mereka sejauh ini terbatas. Namun, situasi meningkat dalam beberapa minggu terakhir, setelah Israel mengumumkan "fase baru" perangnya melawan kelompok pejuang dan meluncurkan operasi darat di Lebanon.

Operasi ini dilakukan setelah pembunuhan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah, yang diduga dilakukan oleh Yerusalem Barat. Sebagai tanggapan, Iran meluncurkan serangan rudal besar-besaran terhadap Israel awal minggu ini.

Operasi Israel di Gaza "melambat," dengan IDF sekarang hanya mempertahankan beberapa posisi di daerah kantong itu, kata pejabat AS kepada NYT. Mereka juga mengklaim bahwa pertempuran di Lebanon selatan telah terbukti sulit bagi Israel, dan meramalkan bahwa strategi yang diduga Sinwar dapat berhasil, menghadirkan Israel dengan "perang multifront" jika pertempuran "terus berlangsung sengit." Namun, para pejabat meragukan Iran akan memulai perang besar-besaran terhadap negara Yahudi itu, karena dampaknya akan terlalu parah.

"Iran akan menyimpan dendam atas pembunuhan Nasrallah. Namun, pilihan mereka terbatas. Saya tidak melihat Iran akan berhadapan langsung dengan Israel dalam waktu dekat," kata Scott Berrier, mantan kepala Badan Intelijen Pertahanan AS, kepada outlet tersebut.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)