Gempa di Gunung Selandia Baru Halangi Evakuasi Jasad Korban

Rabu, 11 Desember 2019 - 12:03 WIB
Gempa di Gunung Selandia Baru Halangi Evakuasi Jasad Korban
Gempa di Gunung Selandia Baru Halangi Evakuasi Jasad Korban
A A A
Peningkatan getaran gempa di White Island, Selandia Baru, menghalangi upaya otoritas mengambil jasad delapan orang yang masih berada di pulau gunung berapi itu.

Saat ini sudah dua hari sejak letusan gunung berapi terjadi dan membuat puluhan turis terpanggang abu dan material panas. Enam orang tewas akibat letusan pada Senin (9/12) itu dan delapan orang lainnya hilang namun diduga tewas. Adapun 30 orang lainnya terluka.

Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern menjelaskan tim darurat menggelar rapat pada Rabu (11/12) pagi untuk menentukan apakah upaya pengambilan jasad dapat dilakukan.

"Saya telah bicara pada banyak orang yang terlibat dalam operasi dan mereka sangat, sangat ingin kembali ke sana, mereka ingin membawa orang-orang itu pulang," papar Ardern.

Namun informasi terbaru dari badan geologi GeoNet menunjukkan kondisi pulau itu masih berbahaya dan tampaknya akan menunda upaya evakuasi jasad korban.

"Sejak sekitar pukul 4.00 pagi ini, level getaran vulkanik meningkat di pulau itu. Situasi masih sangat tidak menentu untuk aktivitas selanjutnya. Letusan dalam 24 jam mendatang diperkirakan masih akan terjadi," ujar Ardern.

Asap masih terlihat keluar dari pulau itu pada Rabu (11/12) pagi.

Kepolisian menyatakan keselamatan tim darurat menjadi prioritas dan menunggu saran dari para pakar tentang kapan mereka dapat ke pulau itu. Beberapa pihak mengkritik otoritas terlalu berhati-hati.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3999 seconds (0.1#10.140)