Angkat Keberagaman, Ardern Tunjuk Wanita Maori Bertato hingga Pria Gay Dalam Kabinetnya

Senin, 02 November 2020 - 15:04 WIB
loading...
Angkat Keberagaman, Ardern Tunjuk Wanita Maori Bertato hingga Pria Gay Dalam Kabinetnya
Ardern tunjuk Nanaia Mahuta, yang memiliki tato tradisional Maori di dagunya, sebagai Menteri Luar Negeri baru Selandia Baru. Foto/Ist
A A A
WELLINGTON - Perdana Menteri Selandia Baru , Jacinda Ardern membentuk apa yang disebut sebagai kabinet paling beragam. Dia menunjuk wanita Maori sebagai salah satu menterinya dan pria gay sebagai wakilnya.

Ardern mengubah susunan menteri setelah menang telak dalam pemilihan umum, dengan mengatakan bahwa prioritas periode keduanya adalah menanggapi Covid-19 dan mendorong pemulihan ekonomi. ( )

"Salah satu hal yang menakjubkan tentang Selandia Baru adalah kami sering berada di ruang di mana pertanyaan-pertanyaan ini menjadi pertanyaan kedua. Representasinya ada dan itu bukan pertimbangan pertama, seringkali bukan bagaimana anggota kami pertama dan terutama mengidentifikasi diri mereka sendiri," ungkapnya.

Meski Ardern memenangkan pemilihan dengan mayoritas absolut, yang berarti Partai Buruhnya dapat memerintah sendiri, dia tetap menunjuk dua anggota parlemen dari Partai Hijau untuk kementerian di luar Kabinet.

Salah satu pemimpin Partai Hijau, James Shaw, akan menjadi Menteri Perubahan Iklim dan Marama Davidson, ditunjuk untuk mengurusi pencegahan kekerasan dalam keluarga dan seksual. Kabinet baru Selandia Baru tersebut akan dilantik Jumat mendatang.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)