alexametrics

Israel Serahkan Jenazah Tahanan Palestina ke Yordania

loading...
Israel Serahkan Jenazah Tahanan Palestina ke Yordania
Israel menyerahkan jenazah tahanan Palestina, Sami Abu Dika, ke Yordania. Foto/Middle East Monitor
A+ A-
TEL AVIV - Otoritas Israel menyerahkan jenazah seorang tahanan Palestina penderita kanker yang meninggal baru-baru ini ketika berada dalam penjara negara Zionis itu ke Yordania.

Jenazah Sami Abu Diak (36) diserahkan melalui perbatasan Yordania atas permintaan keluarganya. Abu Diak sendiri dilahirkan di Silat ad-Dhahr dan memegang kewarganegaraan Palestina dan Yordania.

Abu Diak meninggal pada 26 November lalu di dalam penjara Israel karena kelainan medis yang disengaja. Ketua Komisi Urusan Tahanan Palestina, Qadri Abu Baker mengumumkan, Abu Diak dikembalikan ke Yordania.



Abu Diak, yang menjalani lebih dari tiga hukuman seumur hidup, telah berada di tahanan Israel sejak 17 Juli 2002.

Ia telah menjadi korban kesalahan medis saat menjalani operasi bedah di rumah sakit Soroka Israel. Ia kemudian menjalani operasi untuk mengangkat bagian ususnya dan didiagnosis menderita kanker. Setelah itu, Abu Diak menjalani prosedur bedah lain yang kabarnya membuatnya tak sadarkan diri saat menjalani anestesi selama lebih dari sebulan.

"Abu Diak terus memerangi penyakit itu sampai kematiannya setelah 17 tahun ditahan," kata Abu Baker seperti dikutip dari Asharq Al-Awsat, Sabtu (7/12/2019).

Abu Baker mengatakan Abu Diak adalah warga Palestina kelima yang tewas dalam tahanan Israel pada 2019, dan yang ke-222 sejak 1967. Ini juga pertama kalinya Israel menyerahkan jenazah seorang warga Palestina setelah meninggal dalam tahanannya ke Yordania.

Dalam pernyataannya, Abu Baker mengungkapkan bahwa Komisi Urusan Tahanan telah meminta pembebasannya untuk membiarkannya meninggal dalam perawatan keluarganya, tetapi para pejabat Israel menolak permintaan itu.

Lebih lanjut, Klub Penjara Palestina mengungkapkan bahwa empat jenazah warga Palestina masih ditahan Israel.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak