Timur Tengah Akan Hadapi Perang Besar, Berikut 5 Faktanya

Sabtu, 21 September 2024 - 07:50 WIB
loading...
A A A
Pemusatan kembali wilayah utara dilakukan setelah Israel menjadikannya tujuan perang baru untuk mengembalikan penduduk yang mengungsi ke rumah mereka di dekat perbatasan utara setelah dievakuasi karena serangan Hizbullah.

3. Hizbullah Akan Menyerang Israel

Timur Tengah Akan Hadapi Perang Besar, Berikut 5 Faktanya

Foto/AP

Bagaimana Hizbullah dapat menanggapi? Pemimpin Hizbullah Nasrallah mengisyaratkan pembalasan atas serangan kembar tersebut, tetapi tidak jelas kapasitas apa yang mungkin dimiliki kelompok tersebut untuk melancarkan serangan balik jika banyak anggotanya terluka, dan metode komunikasi utama tidak lagi dapat diandalkan.

Meskipun Hizbullah tampak melemah, kelompok ini masih diyakini sebagai kelompok non-negara yang paling bersenjata lengkap di dunia dengan persenjataan yang semakin canggih yang berpotensi menimbulkan kerusakan signifikan terhadap Israel.

Namun, ada tanda-tanda bahwa kelompok yang sudah tertutup itu mungkin telah terdorong lebih dalam ke bawah tanah. Pertemuan publik yang biasa – yang biasanya terdiri dari pejabat tinggi partai dan pendukung – untuk menyaksikan pidato Nasrallah tidak diadakan pada hari Kamis.

Dan pidato Nasrallah – yang pertama sejak dua gelombang serangan – mungkin direkam sebelumnya.

Namun kepala Hizbullah – yang mengatakan bahwa kepemimpinan kelompok tersebut sebagian besar terhindar dari serangan karena mereka menggunakan perangkat yang lebih tua – memiliki pendukung yang kuat di Iran.

Hizbullah yang berbasis di Lebanon merupakan bagian dari poros yang dipimpin Teheran yang mencakup Yaman, Suriah, Gaza, dan Irak yang telah terlibat dalam konflik yang membara dengan Israel dan sekutunya selama 11 bulan terakhir.

Komandan Korps Garda Revolusi Iran Hossein Salami dilaporkan mengatakan kepada Nasrallah bahwa Israel "akan segera" menghadapi "respons yang tegas dan menghancurkan dari poros perlawanan."

Kelompok tersebut juga memiliki sejarah menargetkan Israel di luar negeri, termasuk serangan bom tahun 1992 di kedutaan besar Israel di Argentina yang menewaskan 29 orang, dan serangan terhadap diplomat Israel di India, Georgia, dan Thailand pada tahun 2012 yang menurut Israel dilakukan oleh Iran dan Hizbullah, meskipun kelompok tersebut membantah terlibat pada saat itu.


4. Perang Besar di Timur Tengah Telah Lama Diprediksi

Timur Tengah Akan Hadapi Perang Besar, Berikut 5 Faktanya

Foto/AP
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0797 seconds (0.1#10.140)