Apakah Israel Pernah Melakukan Serangan Pager dan Walkie-Talkie Sebelumnya?

Kamis, 19 September 2024 - 16:48 WIB
loading...
A A A
Israel dan Amerika Serikat berada di balik virus Stuxnet yang terkenal yang merusak sistem dan menghancurkan sentrifus, yang memberikan pukulan terhadap program nuklir Iran pada tahun 2010.

Israel juga telah melakukan operasi siber di dalam Iran, termasuk serangan siber yang mengganggu layanan di sebagian besar stasiun bahan bakar di seluruh negeri pada bulan Desember 2023.

Bank, pelabuhan, sistem kereta api, bandara, dan infrastruktur sipil lainnya juga telah terkena dampak selama bertahun-tahun.

Dalam sebuah langkah langka pada tahun 2018, Israel mengklaim telah mencuri banyak dokumen tentang program nuklir Iran pada awal tahun 2000-an.

Netanyahu memaparkan dugaan temuan tersebut di televisi nasional.

Israel telah melenyapkan lawan di dua negara tetangga selama beberapa dekade, mengklaim menargetkan kepentingan Iran, memanfaatkan keunggulan udaranya untuk meluncurkan banyak operasi semacam itu, menggunakan jet tempur dan pesawat nirawak bersenjata.

Banyak tokoh militer dan politik senior Iran, Palestina, dan Lebanon telah tewas sejak dimulainya perang Israel di Gaza, termasuk pejabat senior Hamas Saleh al-Arouri dalam serangan di pinggiran kota Beirut, Dahiyeh, pada awal Januari 2024.

Serangan paling terkenal di Suriah sejak dimulainya perang di Gaza terjadi pada awal April tahun ini, ketika rudal Israel menghancurkan gedung konsulat misi Iran di Damaskus, menewaskan 16 orang, termasuk dua jenderal tinggi IRGC.

Iran meluncurkan lebih dari 300 rudal dan drone ke Israel sebagai balasan dan Israel menanggapi dengan meluncurkan beberapa quadcopter – dari dalam Iran – ke pangkalan militer di Isfahan pusat, merusak sistem radar baterai pertahanan rudal.

Israel mengumpulkan intelijen untuk operasi melalui satelit dan pengawasan udara, serta jaringan operasi Israel dan lokal di banyak negara. Mereka juga diduga dibantu oleh intelijen dari sekutu Barat, khususnya AS.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0912 seconds (0.1#10.140)