Seteru Memanas, Pesawat Pengebom Nuklir AS dan Rusia Saling Unjuk Kekuatan

Jum'at, 13 September 2024 - 07:46 WIB
loading...
A A A
Salah satu kelompok terdiri dari dua pesawat pengebom B-52H Stratofortress Angkatan Udara AS. Mereka melintasi Samudra Atlantik dan terbang di atas negara-negara anggota NATO, Swedia, dan Polandia, sebelum kembali ke stasiun asal di Pangkalan Angkatan Udara Minot di North Dakota.

Angkatan Udara AS mengonfirmasi pada hari Kamis bahwa pesawat pengebom tersebut telah menyelesaikan misi pelatihan transatlantik ganda sehari sebelumnya, di mana mereka bergabung dengan latihan NATO di Polandia, yang menunjukkan kemampuan untuk berintegrasi dengan pasukan sekutu sekaligus menyediakan kemampuan serangan global.

Menurut Pentagon, Angkatan Udara memiliki 60 pesawat pengebom yang mampu meluncurkan senjata nuklir.

Bulletin of the Atomic Scientists memperkirakan bahwa 42 di antaranya adalah Stratofortress, sedangkan sisanya adalah Spirit. Total ada 76 pesawat pengebom B-52H untuk misi serangan konvensional dan nuklir.

Stratofortress memiliki muatan 70.000 pon, dan dapat membawa hingga 20 rudal jelajah berhulu ledak nuklir yang diluncurkan dari udara, serta persenjataan konvensional campuran berupa bom, ranjau, dan rudal.

Militer Rusia juga mengumumkan bahwa dua pesawat pengebom Tu-160 atau Blackjack terbang di atas Laut Barents dan Laut Norwegia selama latihan Ocean-2024.

Jenis pesawat ini dapat membawa hingga 12 rudal jelajah nuklir serta senjata konvensional.

Para pesawat pengebom berlatih menembakkan rudal jelajah ke objek kritis musuh yang disimulasikan.

Penerbangan selama sembilan jam itu, yang dikawal oleh jet tempur Su-35S dan Su-30SM, dilakukan sesuai dengan aturan internasional tentang penggunaan wilayah udara, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Angkatan Udara Jerman ikut mengumumkan pada hari yang sama bahwa sekelompok pesawat militer Rusia, termasuk dua pengebom Tu-22M3 Backfire terlihat terbang di atas Laut Baltik tanpa rencana penerbangan dan transponder aktif untuk identifikasi. Mereka dicegat oleh jet tempur Jerman.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)