11 Perang Terpanjang dalam di Dunia, Mayoritas Berlatar Agama dan Perebutan Wilayah

Kamis, 12 September 2024 - 19:55 WIB
loading...
A A A

4. Perang Romawi-Persia (681 Tahun)

11 Perang Terpanjang dalam di Dunia, Mayoritas Berlatar Agama dan Perebutan Wilayah

Foto/World Atlas

Melansir World Atlas, Perang Romawi-Persia melibatkan dua kekaisaran paling kuat di dunia kuno dalam konflik. Perang tersebut dimulai pada pertengahan abad ke-1 SM dan baru berakhir pada tahun 628 M, berlangsung selama 681 tahun yang mengejutkan. Perang tersebut dimulai dengan negosiasi yang gagal untuk aliansi antara Mithridates II dan Lucius Cornelius Sulla, diikuti oleh invasi ke Mesopotamia oleh jenderal Romawi Marcus Crassus pada tahun 53 SM.

Selama perang tersebut, ada periode ketika kedua belah pihak meraih kemenangan signifikan satu sama lain. Akhirnya, Kaisar Romawi Timur Heraclius dan saudaranya Theodore berhasil memberikan pukulan fatal bagi Kekaisaran Persia, dan penguasa Persia berikutnya berhasil mengajukan perdamaian. Bahkan saat ini, Perang Romawi-Persia merupakan salah satu perang terpanjang dan paling berpengaruh dalam sejarah, karena inovasi teknologi mengubah taktik militer dunia selama berabad-abad berikutnya.

5. Perang Bizantium-Bulgaria (675 Tahun)

Perang Bizantium-Bulgaria adalah serangkaian konflik yang berlangsung selama 675 tahun antara Kekaisaran Romawi Timur (Bizantium) dan Bulgaria. Perang tersebut dimulai ketika Khan Asparuh memimpin rakyatnya, orang-orang Bulgaria, menyeberangi sungai Danube menuju wilayah Bizantium pada tahun 680 M dan mendirikan kerajaan mereka. Meskipun Kekaisaran Bulgaria dan keberhasilannya menimbulkan ancaman yang signifikan terhadap kedaulatan Bizantium, selama konflik yang berlangsung selama berabad-abad, kedua kekaisaran mencapai tingkat perdamaian dan keamanan tertentu dengan menandatangani perjanjian dan gencatan senjata jangka panjang.

Perdamaian itu akhirnya hancur di bawah Tsar Simeon dan Tsar Ivan Alexander, yang bertekad untuk memperluas Kekaisaran mereka lebih jauh ke wilayah Bizantium. Perang terakhir dari rangkaian tersebut membawa kemenangan bagi Bulgaria pada tahun 1355 M, yang akhirnya mengarah pada penaklukan Ottoman, dan itu menandai berakhirnya kedua kekaisaran.

6. Perang Salib (604 Tahun)

11 Perang Terpanjang dalam di Dunia, Mayoritas Berlatar Agama dan Perebutan Wilayah

Foto/World Atlas

Melansir World Atlas, Perang Salib adalah serangkaian perang agama yang disetujui oleh Gereja Latin antara tahun 1095 M dan 1699 M. Selama periode ini, pasukan dari kerajaan Kristen Eropa berusaha menaklukkan wilayah yang dikuasai Muslim di wilayah Levant di Timur Tengah. Selain itu, Eropa Kristen ingin merebut kembali atau mempertahankan Kerajaan Yerusalem dari kekuasaan Islam.

Penggunaan indulgensi menjadi terkenal di sini, yang merupakan taktik keagamaan yang digunakan gereja untuk meyakinkan para prajurit agar ikut berperang dalam perang salib. Meskipun perang dimulai ribuan tahun yang lalu, pengaruhnya terhadap Eropa dan Islam meluas jauh melampaui medan perang; para sejarawan umumnya setuju bahwa ketegangan agama yang terjadi selama masa ini masih ada hingga saat ini.

Sayangnya, sejarah konflik abad pertengahan yang sering disalahpahami ini telah mengakibatkan persepsi yang tidak akurat bahwa konflik tersebut berakhir lebih awal dari yang sebenarnya, sehingga terjadi kesalahpahaman tentang perang, gangguan, dan kerusuhan selama lebih dari 604 tahun.

7. Perang Arab-Bizantium (421 Tahun)

Melansir World Atlas, Perang Arab-Bizantium adalah serangkaian konflik yang berlangsung selama empat abad dan satu tahun. Permusuhan yang sudah berlangsung lama antara dua kekaisaran besar ini memiliki banyak faktor—termasuk ekonomi, geopolitik, dan agama—yang menyebabkan beberapa pertempuran hingga penyelesaiannya pada tahun 1050 M.

Pada tahun 629 M, Muhammad menentang Kekaisaran Bizantium, dan pada tahun 638 M, pasukan Arab telah menaklukkan Levant, Mesir, dan Persia yang sebelumnya merupakan wilayah Romawi. Bizantium menderita lebih banyak kerugian hingga Kekaisaran tersebut diuntungkan oleh kebangkitan kembali pada abad ke-10.

Melalui dukungan Eropa dalam Perang Salib, Kekaisaran Bizantium mendapatkan kembali dominasi total pada tahun 1100-an. Turki Seljuk menggantikan ancaman orang Arab pada tahun 1050-an, sehingga mengakhiri Perang Arab-Bizantium. Konsekuensi dari perang-perang ini membentuk lanskap di Eropa dan Timur Tengah, menciptakan salah satu dendam paling terkenal dalam sejarah manusia.

8. Konflik Yaman-Ottoman (373 Tahun)

11 Perang Terpanjang dalam di Dunia, Mayoritas Berlatar Agama dan Perebutan Wilayah

Foto/World Atlas

Melansir World Atlas, Konflik Yaman-Ottoman mengacu pada pertempuran antara tahun 1538 M dan 1911 M, yang sebagian besar melibatkan Kekaisaran Ottoman dan berbagai faksi di Yaman. Ottoman berusaha memperluas kekuasaan kekaisaran mereka atas wilayah-wilayah di Jazirah Arab, dengan secara eksplisit menargetkan Yaman, sehingga memicu konflik.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0876 seconds (0.1#10.140)