Erdogan: Patroli Bersama Turki dan Rusia Mulai Jumat

Kamis, 31 Oktober 2019 - 04:43 WIB
Erdogan: Patroli Bersama Turki dan Rusia Mulai Jumat
Erdogan: Patroli Bersama Turki dan Rusia Mulai Jumat
A A A
ISTANBUL - Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan mengatakan patroli bersama dengan Rusia akan dimulai pada Jumat di Suriah timur laut. Patroli bersama itu dilakukan menyusul gencatan senjata yang ditengahi oleh Rusia yang menjanjikan pasukan Kurdi Suriah mundur ke selatan.

Erdogan mengatakan kepada partainya yang berkuasa bahwa Turki tidak akan ragu untuk memulai kembali operasinya jika para pejuang Kurdi tidak meninggalkan daerah seluas 30 kilometer atau melanjutkan serangan terhadap pasukan Turki.

"Kami akan menanggapi dengan cara yang paling keras untuk setiap serangan dan jika perlu, kami akan memperluas zona aman kami," ujarnya seperti dilansir dari AP, Kamis (31/10/2019).

Turki menginvasi Suriah timur laut awal bulan ini untuk mendorong pejuang Kurdi Suriah dari daerah itu. Ankara menganggap mereka teroris yang terkait dengan pemberontakan di Turki.

Gencatan senjata untuk memungkinkan pasukan Kurdi Suriah mundur sebagian besar telah diadakan, meskipun sesekali terjadi bentrokan.

Militer Turki dan proksi Suriahnya menyerang pasukan Kurdi di Suriah timur laut pada 9 Oktober dengan tujuan menciptakan zona penyangga sedalam sekitar 30 kilometer.

Pasukan Kurdi sepakat untuk mundur dari segmen perbatasan sepanjang 440 kilometer sejauh 120 kilometer, meskipun dilaporkan bentrokan masih tetap terjadi sejak itu.

Turki kemudian mencapai kesepakatan dengan pendukung utama pemerintah Suriah, Rusia, agar pasukan Kurdi menarik diri dari seluruh wilayah perbatasan.

Merasa kesulitan oleh penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) dari daerah perbatasan, pasukan Kurdi beralih ke pemerintah Suria untuk meminta perlindungan.

Pasukan pemerintah sekarang diperkirakan akan ditempatkan di sebagian besar zona perbatasan tetapi jalur sepanjang 10 kilometer akan secara bersama-sama dipatroli oleh pasukan Rusia dan Turki.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3680 seconds (0.1#10.140)