Erdogan Minta Putin Bangun Koridor Keamanan di Suriah

Selasa, 13 Desember 2022 - 05:30 WIB
loading...
Erdogan Minta Putin Bangun Koridor Keamanan di Suriah
Erdogan Minta Putin Bangun Koridor Keamanan di Suriah. FOTO/Reuters
A A A
ISTANBUL - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menyerukan koridor keamanan sepanjang 30 km di perbatasan Turki dengan Suriah . Hal itu diungkapkan Erdogan melalui panggilan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, kata kantor Erdogan, Minggu (11/12/2022).

“Mengacu pada militan Kurdi yang dianggap Ankara sebagai teroris, Erdogan menegaskan kembali “penting dan urgensi” untuk menciptakan koridor di Suriah utara sesuai dengan perjanjian 2019 antara Turki dan Rusia,” tambah pernyataan itu.



Seperti dilaporkan Anadolu Agency, seruan itu datang tiga minggu setelah Turki meluncurkan serangan udara dan artileri di Suriah dan Irak sebagai tanggapan atas serangan bom di Istanbul pada 13 November yang menewaskan enam orang dan melukai puluhan lainnya.

Pemerintah Turki menyalahkan pemboman itu pada Partai Pekerja Kurdistan, atau PKK, dan afiliasinya di Suriah, Unit Perlindungan Rakyat, atau YPG. Kedua kelompok membantah terlibat dalam serangan itu.

PKK telah mengobarkan pemberontakan selama 38 tahun melawan Turkiye yang telah menyebabkan hilangnya puluhan ribu nyawa. Itu terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turkiye, AS dan Uni Eropa.

Namun, YPG tidak ditetapkan sebagai kelompok teror oleh Washington atau Brussels dan telah mempelopori perang pimpinan AS melawan Daesh di Suriah. Erdogan mengancam akan menindaklanjuti serangan di Suriah utara dengan serangan darat.



Invasi Turki yang direncanakan awal tahun ini dihentikan di tengah penentangan oleh AS dan Rusia, yang keduanya memiliki pos militer di wilayah tersebut.

Di bawah kesepakatan 2019 yang ditandatangani dengan Turki, Rusia berjanji untuk membangun zona penyangga antara perbatasan Turki dan pasukan YPG yang akan dikendalikan oleh tentara Suriah dan polisi militer Rusia.

Perjanjian tersebut tidak sepenuhnya dilaksanakan meskipun pasukan pemerintah Rusia dan Suriah hadir di wilayah perbatasan, serta beberapa pasukan AS.

Moskow, yang merupakan pendukung utama pemimpin Suriah Bashar Assad, telah bekerja sama erat dengan Turkiye di Suriah utara di masa lalu dan dalam beberapa bulan terakhir mendorong rekonsiliasi antara Ankara dan Damaskus.

Percakapan antara Erdogan dan Putin menyusul kunjungan ke Turk minggu ini oleh Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Vershinin untuk pembicaraan mengenai situasi di Suriah. Dalam pembacaan panggilan, Kremlin mengatakan "kontak dekat" akan dipertahankan antara kementerian pertahanan dan luar negeri Rusia dan Turki.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)