Trump: Gencatan Senjata di Suriah Utara Sekarang Permanen

Rabu, 23 Oktober 2019 - 23:28 WIB
Trump: Gencatan Senjata di Suriah Utara Sekarang Permanen
Trump: Gencatan Senjata di Suriah Utara Sekarang Permanen
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan Turki telah menghentikan serangan dan menjadikan gencatan senjata di Suriah utama permanen. Langkah itu membuat AS mencabut sanksi terbaru yang diterapkan pada impor Turki terkait operasi militer itu.

"Sanksi akan dicabut hingga sesuatu terjadi yang kami tidak senang dengannya," kata Trump saat berpidato di Gedung Putih.

Trump juga mengungkapkan skeptisme tentang arti permanen di bagian dunia itu.

Pernyataan Trump itu muncul setelah Turki dan Rusia sepakat memindahkan milisi YPG Kurdi Suriah ke wilayah lebih dari 30 km dari perbatasan Turki. Setelah itu, pasukan Turki dan Suriah menggelar patroli gabungan di zona aman di Suriah utara.

Mulai Rabu (23/10) siang, polisi militer Rusia dan penjaga perbatasan Suriah akan memfasilitasi pemindahan milisi Kurdi dan persenjataan YPG ke wilayah di luar zona aman. Misi ini akan dilakukan dalam waktu sekitar enam hari, menurut kesepakatan tersebut.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov memuji kesepakatan itu sebagai salah satu yang akan menghentikan pertumpahan darah di wilayah itu. Adapun Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan Turki tidak memiliki desain tentang wilayah Suriah itu saat pihaknya terus mendesak YPG ke selatan.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5575 seconds (0.1#10.140)