alexametrics

PBB Selidiki Dugaan Penggunaan Senjata Kimia di Suriah

loading...
PBB Selidiki Dugaan Penggunaan Senjata Kimia di Suriah
rganisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, mereka sedang menyelidiki dugaan penggunaan senjata kimia di Suriah. Foto/Reuters
A+ A-
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, mereka sedang menyelidiki dugaan penggunaan senjata kimia di Suriah. Turki dituding menggunakan fosfor putih saat melancarkan operasi militer di Suriah.

Juru bicara WHO, Christian Lindmeier menuturkan, pihaknya belum menerima bukti konkret untuk mendukung klaim bahwa Turki menggunakan bom fosfor putih dalam operasi anti-terornya di Suriah.

Lindmeier mengatakan, mereka sedang memantau situasi dengan seksama dan berusaha mendapatkan sebanyak mungkin laporan untuk mendapatkan analisis dan evaluasi dari apa yang terjadi di lapangan.



"Apa yang telah kita lihat sejauh ini dari semua laporan bahwa tidak ada peningkatan luka bakar dibandingkan dengan waktu lainnya di lapangan," katanya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (23/10/2019).

Bom fosfor putih membakar jauh ke dalam jaringan dan dapat menyebabkan kematian. Konvensi PBB tentang Senjata Konvensional Tertentu melarang penggunaannya dalam peperangan.

Sebelumnya, Turki telah membantah laporan bahwa mereka menggunakan senjata kimia di Suriah. Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar menekankan, Turki tidak memiliki sedikit pun senjata kimia, sehingga tidak mungkin Ankara dapat melakukan hal yang dituduhkan.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak