Dinilai Sudah Tak Berfungsi, Sekjen PBB Serukan Reformasi Lembaga Multilateral Dunia

Senin, 22 Januari 2024 - 16:58 WIB
loading...
Dinilai Sudah Tak Berfungsi, Sekjen PBB Serukan Reformasi Lembaga Multilateral Dunia
Sekjen PBB menyerukan reformasi di berbagai lembaga multilateral dunia. Foto/Reuters
A A A
KAMPALA - Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB ) Antonio Guterres menyerukan perombakan lembaga-lembaga multilateral dunia. Itu dikarenakan lembaga-lembaga tersebut tidak lagi sesuai dengan tujuannya.

“Dari Dewan Keamanan PBB hingga sistem Bretton Woods, lembaga-lembaga global mencerminkan dunia yang membangunnya 80 tahun lalu, ketika banyak negara Afrika masih dijajah. Lembaga-lembaga tersebut tidak lagi sesuai dengan tujuannya,” kata Guterres saat berbicara kepada wartawan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kelompok 77 di Kampala, ibu kota Uganda, dilansir Anadolu.

Apa contohnya?

GUterres mengatakan Dewan Keamanan terjebak dalam keterpurukan waktu. "Bagaimana kita bisa menerima bahwa Dewan Keamanan masih kekurangan satu anggota tetap Afrika?" tanyanya.

“September ini, PBB akan menyelenggarakan KTT Masa Depan, dengan fokus memperbarui lembaga-lembaga ini agar selaras dengan dunia saat ini dan menanggapi tantangan-tantangan saat ini – khususnya, kepentingan vital negara-negara berkembang,” kata Sekjen PBB.



Mengomentari situasi di Gaza, di mana pemboman Israel telah menewaskan lebih dari 25.000 orang sejak serangan Hamas 7 Oktober, Guterres mengatakan “Saya tidak akan menyerah untuk menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera” yang merupakan “satu-satunya cara untuk mengakhiri mimpi buruk ini. bagi warga sipil di Gaza, memfasilitasi pembebasan seluruh sandera, dan mencegah konflik melanda seluruh wilayah.”

“Penolakan untuk menerima solusi dua negara bagi Israel dan Palestina, serta pengingkaran hak kenegaraan bagi rakyat Palestina, tidak dapat diterima,” tegasnya.

Sementara itu, Presiden Majelis Umum PBB Dennis Francis memperbarui seruannya untuk gencatan senjata di Gaza, tempat pemboman Israel sejak serangan Hamas 7 Oktober telah menewaskan lebih dari 24.000 orang, meninggalkan wilayah tersebut dalam reruntuhan, dan menyebabkan bencana kemanusiaan.

Saat berbicara pada pertemuan puncak Gerakan Non-Blok (GNB) ke-19 di Kampala, ibu kota Uganda, ia mengakui bahwa ketidakmampuan untuk menyelesaikan masalah-masalah global telah membuat relevansi PBB dipertanyakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)