Uni Emirat Arab Kini Memiliki PLTN Pertama di Timur Tengah

Sabtu, 07 September 2024 - 21:45 WIB
loading...
A A A
UEA, yang terdiri dari tujuh emirat, termasuk ibu kota Abu Dhabi dan pusat ekonomi Dubai, merupakan salah satu produsen minyak terbesar dalam kartel OPEC.

Negara ini sebagian besar dibangun di atas minyak tetapi menghabiskan miliaran untuk mengembangkan energi terbarukan yang cukup untuk memenuhi setengah dari kebutuhannya pada tahun 2050.

Tahun lalu, negara ini menjadi tuan rumah perundingan iklim PBB COP28 yang menghasilkan kesepakatan untuk "beralih" dari bahan bakar fosil.

UEA terletak di seberang Teluk dari Iran yang memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir buatan Rusia di luar kota pesisir Bushehr, serta program pengayaan uranium yang kontroversial.

UEA telah berulang kali mengatakan ambisi nuklirnya adalah untuk "tujuan damai" dan mengesampingkan pengembangan program pengayaan atau teknologi pemrosesan ulang nuklir apa pun.

Negara ini menggunakan stasiun bertenaga gas untuk sebagian besar kebutuhan listriknya, tetapi juga memiliki salah satu pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia di luar Abu Dhabi.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)