Ayatollah Khamenei Bilang Bom Nuklir Haram

Jum'at, 11 Oktober 2019 - 11:43 WIB
Ayatollah Khamenei Bilang Bom Nuklir Haram
Ayatollah Khamenei Bilang Bom Nuklir Haram
A A A
TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan Teheran mampu mengambil langkah untuk mengembangkan bom nuklir, tetapi tidak akan melakukannya karena penggunaannya haram atau dilarang dalam Islam.

"Meskipun kami bisa mengambil langkah di jalan ini, berdasarkan pada hukum Islam, kami dengan tegas dan berani mengatakan kami tidak akan mengambil jalan ini," kata Khamenei.

"Baik membangun dan menimbun itu salah, karena menggunakannya adalah haram," katanya lagi kepada sekelompok akademisi dalam sebuah video yang di-posting di akun Twitter kantornya, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (11/10/2019).

"Jika kita memiliki senjata nuklir, akan jelas bahwa tidak mungkin bagi kita untuk menggunakan di mana pun," imbuh dia. "Di bawah prinsip-prinsip Islam itu jelas haram."

Iran dengan keras menyangkal pernah berupaya mengembangkan bom atom dan mengatakan bahwa program nuklirnya hanya untuk produksi energi dan tujuan medis.

Pada Mei tahun lalu, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump secara sepihak menarik Washington dari kesepakatan nuklir 2015 yang memberi Iran keringanan sanksi sebagai imbalan atas pengekangannya pada program nuklir.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3480 seconds (0.1#10.140)