4 Negara yang Dikunjungi Paus Fransiskus dalam Lawatan Terpanjang dan Paling Menantang

Senin, 02 September 2024 - 15:30 WIB
loading...
4 Negara yang Dikunjungi...
Paus Fransiskus akan berkunung ke 4 negara dalam lawatan terpanjang dan paling menantang. Foto/AP
A A A
VATICAN CITY - Jika ada bukti yang diperlukan untuk menggarisbawahi bahwa perjalanan Paus Fransiskus mendatang ke Asia dan Oseania adalah yang terpanjang, terjauh, dan paling menantang selama masa kepausannya. Itu merupakan bukti bahwa ia membawa serta sekretarisnya untuk membantunya menavigasi program empat negara sambil tetap bekerja di jarak jauh.

Melansir AP, Fransiskus akan menempuh jarak 32.814 kilometer melalui udara selama kunjungannya pada 2-13 September ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste , dan Singapura, jauh melampaui semua dari 44 perjalanan luar negeri sebelumnya dan mencatat salah satu perjalanan kepausan terpanjang yang pernah ada, baik dalam hal hari di jalan maupun jarak yang ditempuh.

Itu bukan prestasi kecil bagi seorang paus yang berusia 88 tahun pada bulan Desember, menggunakan kursi roda, kehilangan sebagian paru-parunya karena infeksi pernapasan saat masih muda dan harus membatalkan perjalanan luar negeri terakhirnya pada menit terakhir (ke Dubai pada bulan November untuk berpartisipasi dalam konferensi iklim PBB) atas perintah dokter.

Tetapi Fransiskus terus melanjutkan perjalanan ini, yang awalnya direncanakan untuk tahun 2020 tetapi ditunda karena COVID-19. Dia membawa serta tim medisnya yang terdiri dari seorang dokter dan dua perawat dan mengambil tindakan pencegahan kesehatan yang biasa di lapangan. Namun dalam hal yang baru, dia menambahkan sekretaris pribadinya ke dalam delegasi tradisional Vatikan yang terdiri dari para kardinal, uskup, dan keamanan.

Perjalanan panjang tersebut mengingatkan kita pada perjalanan keliling dunia Santo Yohanes Paulus II, yang mengunjungi keempat destinasi tersebut selama seperempat abad masa kepausannya, meskipun Timor Leste merupakan bagian dari Indonesia yang diduduki pada saat perjalanan bersejarahnya tahun 1989.

Dengan menelusuri jejak Yohanes Paulus, Fransiskus menegaskan kembali pentingnya Asia bagi Gereja Katolik, karena Asia merupakan salah satu dari sedikit tempat di mana gereja bertumbuh dalam hal panggilan religius dan umat beriman yang dibaptis. Ia juga menyoroti bahwa wilayah yang kompleks tersebut juga mewujudkan beberapa prioritas utamanya sebagai paus – penekanan pada dialog antaragama dan antarbudaya, kepedulian terhadap lingkungan, dan desakan pada komponen spiritual dari pembangunan ekonomi.

4 Negara yang Dikunjungi Paus Fransiskus dalam Lawatan Terpanjang dan Paling Menantang

1. Indonesia

4 Negara yang Dikunjungi Paus Fransiskus dalam Lawatan Terpanjang dan Paling Menantang

Foto/AP

Melansir AP, Paus Fransiskus menyukai gerakan persaudaraan dan kerukunan antar agama, dan tidak ada simbol toleransi beragama yang lebih baik di awal perjalanannya selain "Terowongan Persahabatan" bawah tanah yang menghubungkan masjid utama Istiqlal di Indonesia dengan katedral Katolik di negara tersebut.

Paus Fransiskus akan mengunjungi jalan bawah tanah di Jakarta Pusat bersama imam besar, Nasaruddin Umar, sebelum keduanya mengambil bagian dalam pertemuan antar agama dan menandatangani deklarasi bersama.

Paus Fransiskus telah menjadikan peningkatan hubungan Kristen-Muslim sebagai prioritas, dan telah sering menggunakan perjalanannya ke luar negeri untuk mempromosikan agendanya untuk mengajak para pemimpin agama bekerja demi perdamaian dan toleransi, dan meninggalkan kekerasan atas nama Tuhan.

Indonesia adalah rumah bagi populasi Muslim terbesar di dunia dan telah mengabadikan kebebasan beragama dalam konstitusinya, dengan secara resmi mengakui enam agama -- Islam, Buddha, Konghucu, Hindu, Protestan, dan Katolik. Paus Fransiskus kemungkinan akan menyoroti tradisi toleransi beragama ini dan merayakannya sebagai pesan bagi dunia yang lebih luas.

"Jika kita mampu menciptakan semacam kolaborasi antara satu sama lain, itu bisa menjadi kekuatan besar bangsa Indonesia," kata Paus Fransiskus dalam sebuah wawancara.

2. Papua Nugini

4 Negara yang Dikunjungi Paus Fransiskus dalam Lawatan Terpanjang dan Paling Menantang

Foto/AP

Paus Fransiskus terpilih menjadi paus pada tahun 2013 sebagian besar berdasarkan kekuatan pidato spontan yang disampaikannya kepada sesama kardinal di mana ia mengatakan Gereja Katolik perlu pergi ke "pinggiran" untuk menjangkau mereka yang paling membutuhkan penghiburan Tuhan. Ketika Fransiskus melakukan perjalanan jauh ke dalam hutan Papua Nugini, ia akan memenuhi salah satu perintah berbaris yang ia tetapkan untuk calon paus pada malam pemilihannya sendiri.

Hanya sedikit tempat yang terpencil, terpencil, dan dilanda kemiskinan seperti Vanimo, kota pesisir utara di pulau utama Nugini. Di sana, Paus Fransiskus akan bertemu dengan para misionaris dari negara asalnya, Argentina, yang berupaya membawa agama Kristen kepada masyarakat yang sebagian besar merupakan suku yang masih mempraktikkan tradisi pagan di samping penganut Katolik.

“Jika kita mengesampingkan prasangka kita, bahkan dalam budaya suku, kita dapat menemukan nilai-nilai kemanusiaan yang dekat dengan cita-cita Kristen,” kata Kardinal Luis Antonio Tagle, yang kantor penginjilan misionaris Vatikan dan merupakan bagian dari delegasi Vatikan, ungkap kantor berita misionaris Fides.

Paus Fransiskus kemungkinan akan merenungkan ancaman lingkungan terhadap tempat-tempat yang rentan dan miskin seperti Papua Nugini, seperti penambangan laut dalam dan perubahan iklim, sembari juga menunjuk pada keberagaman sekitar 10 juta penduduknya yang berbicara dalam sekitar 800 bahasa tetapi rentan terhadap konflik suku.


3. Timor Leste

4 Negara yang Dikunjungi Paus Fransiskus dalam Lawatan Terpanjang dan Paling Menantang

Foto/AP

Ketika Yohanes Paulus mengunjungi Timor Timur pada tahun 1989, ia berusaha menghibur penduduknya yang mayoritas beragama Katolik yang telah menderita di bawah pendudukan brutal dan berdarah Indonesia selama 15 tahun.

“Selama bertahun-tahun, Anda telah mengalami kehancuran dan kematian akibat konflik; Anda telah tahu apa artinya menjadi korban kebencian dan perjuangan,” kata Yohanes Paulus kepada umat Katholik selama Misa di tepi pantai di Tasi-Toli, dekat Dili.

“Saya berdoa agar mereka yang bertanggung jawab atas kehidupan di Timor Timur akan bertindak dengan kebijaksanaan dan niat baik terhadap semua orang, saat mereka mencari penyelesaian yang adil dan damai atas kesulitan-kesulitan saat ini,” katanya saat itu dalam tantangan langsung kepada Indonesia.

Butuh waktu satu dekade lagi bagi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menyelenggarakan referendum kemerdekaan Timor, yang kemudian ditanggapi Indonesia dengan kampanye bumi hangus yang menghancurkan bekas jajahan Portugis itu. Timor Timur muncul sebagai negara merdeka pada tahun 2002, tetapi masih menanggung trauma dan luka pendudukan yang menewaskan sebanyak 200.000 orang — hampir seperempat dari populasi.

Paus Fransiskus akan benar-benar mengikuti jejak Yohanes Paulus ketika ia merayakan Misa di lapangan terbuka tepi pantai yang sama dengan liturgi tahun 1989, yang oleh sebagian orang dianggap sebagai tanggal penting dalam gerakan kemerdekaan Timor.

“Misa bersama Paus itu merupakan momen yang sangat kuat dan sangat penting bagi identitas Timor,” kata Giorgio Bernardelli, editor AsiaNews, kantor berita misionaris. “Dalam banyak hal, hal itu juga menyoroti drama yang dijalani Timor untuk komunitas internasional.”

Warisan lain yang akan dihadapi Fransiskus adalah skandal pelecehan seksual oleh pendeta: Pahlawan kemerdekaan yang dihormati dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Uskup Carlos Felipe Ximenes Belo diam-diam dikenai sanksi oleh Vatikan pada tahun 2020 karena melakukan pelecehan seksual terhadap anak laki-laki.

Tidak ada kabar apakah Paus Fransiskus akan merujuk pada Belo, yang masih dihormati di Timor Leste tetapi telah dilarang oleh Vatikan untuk kembali.

4. Singapura

4 Negara yang Dikunjungi Paus Fransiskus dalam Lawatan Terpanjang dan Paling Menantang

Foto/AP

Paus Fransiskus telah menggunakan beberapa perjalanan luar negerinya untuk mengirim pesan ke Tiongkok, baik berupa telegram ucapan selamat langsung saat ia terbang melintasi wilayah udara Tiongkok atau isyarat penghargaan, persahabatan, dan persaudaraan yang lebih tidak langsung kepada orang-orang China saat berada di dekatnya.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Singapura, tempat tiga perempat penduduknya beretnis Tiongkok dan bahasa Mandarin adalah bahasa resmi, akan memberinya kesempatan lain untuk menjangkau Beijing saat Vatikan berupaya meningkatkan hubungan demi sekitar 12 juta umat Katolik China.

"Mereka adalah orang-orang yang beriman, yang telah melalui banyak hal dan tetap beriman," kata Paus Fransiskus kepada provinsi China tentang ordo Jesuitnya dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Perjalanan ini dilakukan sebulan sebelum Vatikan memperbarui perjanjian penting tahun 2018 yang mengatur penunjukan uskup.

Minggu lalu, Vatikan melaporkan "kepuasannya" bahwa China telah secara resmi mengakui Uskup Tianjin Melchior Shi Hongzhen, yang sejauh menyangkut Vatikan telah benar-benar mengambil alih jabatan uskup pada tahun 2019. Takhta Suci mengatakan pengakuan resmi China terhadapnya berdasarkan hukum perdata sekarang merupakan "buah positif dari dialog yang telah terjalin selama bertahun-tahun antara Takhta Suci dan pemerintah China."

Namun dengan tiba di Singapura, pusat ekonomi regional yang menjaga hubungan baik dengan China dan Amerika Serikat, Fransiskus juga ikut campur dalam sengketa maritim yang berlarut-larut karena China semakin tegas dengan kehadirannya di Laut China Selatan.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0948 seconds (0.1#10.140)