Bakal Pimpin Misa Suci di GBK, Ini 10 Fakta Unik Paus Fransiskus

Minggu, 01 September 2024 - 14:27 WIB
loading...
Bakal Pimpin Misa Suci...
Seorang pria berfoto dengan potongan kertas bergambar Paus Fransiskus yang dipajang di Katedral Jakarta menjelang kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dari 3-6 September 2024. Foto/AP Photo/Dita Alangkara
A A A
JAKARTA - Paus Fransiskus, pemimpin Vatikan, akan memimpin Misa Suci di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, selama kunjungan langkanya ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Selain Indonesia, pemimpin umat Katolik ini juga akan mengunjungi Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Wakil Koordinator Media Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus, RM Anthonius Gregorius A Lalu mengatakan, dalam kunjungannya ke Indonesia, Paus Fransiskus akan disambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam upacara selamat datang di Istana Merdeka.

Kemudian, melanjutkan pertemuan dengan kalangan pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik di aula Istana Negara di mana Jokowi dan Paus Fransiskus akan menyampaikan pidato.



"Dalam rencana agenda lainnya yang sudah dikonfirmasi adalah pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris dan katekis di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, pertemuan dengan kaum muda scholas di Grha Pemuda, pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal dan pelaksanaan Misa Suci di Stadion GBK di mana Paus Fransiskus akan membawakan Homili," ujar Anthonius, Sabtu (31/8/2024).

Paus Fransiskus mulai menjabat pada 13 Maret 2013. Dia dipilih sebagai Paus setelah pengunduran diri Paus Benediktus XVI, dan pelantikannya menandai awal dari kepemimpinan baru di Gereja Katolik Roma.

10 Fakta Unik tentang Paus Fransiskus

1. Paus Pertama dari Benua Amerika


Paus Fransiskus bernama asli Jorge Bergoglio asal Argentina. Pemilihannya sebagai pemimpin Vatikan tidak hanya bersejarah karena pendahulunya mengundurkan diri, namun dia adalah yang pertama dalam banyak hal.

Dia adalah Paus pertama dari belahan bumi barat, yang pertama dari Amerika Selatan, yang pertama dari ordo Jesuit, dan yang pertama yang memakai nama Fransiskus.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)