Ini Bukti Kalau Presiden Putin Adalah Pemimpin yang Pendendam

Kamis, 29 Agustus 2024 - 16:10 WIB
loading...
A A A
Rusia secara rutin membantah menargetkan warga sipil dan mengatakan "serangan presisi tinggi"-nya menghantam infrastruktur energi Ukraina yang "mendukung kompleks industri-militer."

Serangan itu menghantam bendungan sepanjang 288 meter (945 kaki) yang merupakan bagian dari pembangkit listrik tenaga air Kyiv yang hanya beberapa kilometer di hulu dari ibu kota.

Namun kerusakannya tidak signifikan dan bendungan itu "utuh", kata Tymofei Mylovanov, penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

"Jika bendungan itu runtuh, sebagian besar Kyiv akan banjir," katanya.

Bendungan yang rampung pada tahun 1968 itu mengakhiri banjir musim semi tahunan yang melanda sebagian Kyiv, terutama di tepi kiri bawahnya.

Bendungan itu diperbaiki pada tahun 2011, tetapi banyak penduduk di tepi kiri khawatir.

Jika bendungan itu hancur, banjir yang diakibatkannya "akan menyapu rumah kami dalam waktu lima menit," kata Tetyana Kravchenko, yang tinggal di rumah dua lantai yang ia dan suaminya selesaikan pada tahun 2019, kepada Al Jazeera.

Rumah itu hanya berjarak 100 meter (328 kaki) dari pantai berpasir di Dnipro – kemewahan yang berubah menjadi kerugian selama perang, katanya.

“Kami pikir akan ada kedamaian dan ketenangan, tetapi sebaliknya, kami merasa seperti tinggal di sebelah jurang,” kata pemilik kedai kopi berusia 52 tahun itu.

Dalam beberapa jam setelah serangan itu, pemadaman listrik dimulai di seluruh Kyiv setelah berminggu-minggu pasokan listrik yang relatif stabil.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0854 seconds (0.1#10.140)