250.000 Warga Palestina Mengungsi di Gaza Hanya pada Bulan Agustus

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 13:12 WIB
loading...
250.000 Warga Palestina...
Warga Palestina yang mengungsi berkumpul untuk menerima bantuan makanan di Deir al Balah, bagian tengah Jalur Gaza, 23 Agustus 2024. Foto/AP/Abdel Kareem Hana
A A A
JALUR GAZA - Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA) mengumumkan militer Israel telah memaksa 250.000 warga Palestina mengungsi hanya pada bulan Agustus di Jalur Gaza.

“Evakuasi massal di Gaza menghambat kelangsungan hidup dan sangat membatasi operasi bantuan. Selama bulan Agustus saja, pasukan Israel telah mengeluarkan 12 perintah evakuasi, yang memaksa hampir 250.000 orang untuk pindah lagi,” tulis organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa di X pada Jumat (23/8/2024).

Postingan tersebut dibuat berdasarkan pernyataan yang sebelumnya dibuat Muhannad Hadi, Koordinator Kemanusiaan untuk Wilayah Palestina yang Diduduki.

Pernyataan Hadi yang dipublikasikan pada tanggal 22 Agustus mengatakan, “Perintah evakuasi massal berturut-turut yang dikeluarkan pasukan Israel di tengah permusuhan telah mengungsikan 90% penduduk Gaza sejak Oktober 2023, seringkali beberapa kali, yang membuat mereka rentan terhadap bahaya dan merampas kebutuhan pokok mereka untuk bertahan hidup.”

Dia menekankan pada bulan Agustus saja Israel telah mengeluarkan 12 perintah evakuasi, rata-rata dua hari sekali, yang memaksa 250.000 orang mengungsi lagi.

“Baru kemarin, puluhan ribu warga sipil di empat lingkungan di Deir Al-Balah dan Khan Younis diperintahkan untuk mengungsi,” ujar Hadi, menekankan perintah evakuasi ini juga memengaruhi staf beberapa badan PBB dan pekerja bantuan kemanusiaan.

Hadi membantah klaim Israel bahwa perintah pengungsian dikeluarkan untuk melindungi warga sipil Palestina.

“Jika perintah evakuasi dimaksudkan untuk melindungi warga sipil, faktanya perintah tersebut justru mengarah pada hal yang sebaliknya. Perintah tersebut memaksa keluarga untuk mengungsi lagi, sering kali di bawah tembakan dan dengan sedikit barang bawaan yang dapat mereka bawa, ke daerah yang semakin menyempit yang penuh sesak, tercemar, dengan layanan terbatas dan seperti bagian lain Gaza, tidak aman,” tulis dia.

“Orang-orang kehilangan akses ke layanan yang penting untuk kelangsungan hidup mereka, termasuk fasilitas medis, tempat penampungan, sumur air, dan pasokan kemanusiaan,” tegas dia.

Hadi mengungkapkan bahwa pasokan air di Deir Al-Balah telah berkurang setidaknya 70% akibat penutupan pompa dan pabrik desalinasi di daerah evakuasi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)