5 Negara BRICS Pendukung Palestina, Siapa Saja Mereka?

Kamis, 22 Agustus 2024 - 20:15 WIB
loading...
A A A

4. Iran


Iran menjadi salah satu anggota baru BRICS. Dukungannya kepada Palestina tak perlu diragukan lagi.

Pada sisi Teheran, mereka memang punya hubungan buruk dengan Israel. Meski pernah menjadi sekutu, relasi keduanya telah banyak berubah setelah Revolusi Iran 1979.

Setelah Ayatollah Khomeini naik, Iran beralih memusuhi Israel yang didukung Amerika Serikat. Mereka bahkan menyebut Tel Aviv sebagai ‘Musuh Islam’ dan ‘Setan Kecil’.

Kemudian, Iran juga sering disebut menjadi pendukung poros perlawanan terhadap Israel. Sebut saja seperti Hamas di Palestina hingga Hizbullah di Lebanon.

5. Arab Saudi


Arab Saudi punya riwayat dukungan tersendiri untuk Palestina. Mengutip Reuters, Arab Saudi telah memberitahu Amerika Serikat bahwa mereka tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel kecuali ada resolusi independen negara Palestina yang merdeka.

Melalui pernyataan yang sama, Riyadh juga menambahkan bahwa agresi Israel terhadap Jalur Gaza juga harus dihentikan dan pasukan Tel Aviv wajib mundur dari wilayah tersebut.

Amerika Serikat sendiri sebelumnya telah memimpin diplomasi untuk membuat Arab Saudi menormalisasi hubungan dengan Israel dan mengakui negara tersebut.

Namun, Riyadh memilih mengesampingkan masalah tersebut karena kemarahan dunia Arab atas serangan brutal Israel yang terus berlanjut di Jalur Gaza.

Itulah sejumlah negara BRICS pendukung Palestina yang bisa diketahui.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)