5 Negara BRICS Pendukung Palestina, Siapa Saja Mereka?

Kamis, 22 Agustus 2024 - 20:15 WIB
loading...
5 Negara BRICS Pendukung...
Para perempuan Palestina berduka atas kematian seorang kerabat yang tewas dalam pemboman Israel di Jalur Gaza, di rumah sakit di Deir al-Balah, 22 Agustus 2024. Foto/AP/Abdel Kareem Hana
A A A
TEHERAN - Sejumlah negara anggota BRICS lebih condong mendukung Palestina dalam konfliknya dengan Israel. Salah satunya adalah Afrika Selatan.

BRICS adalah kelompok ekonomi dunia yang berisikan sejumlah negara anggota. Selain anggota awal seperti Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, mereka menambahkan beberapa nama baru, yakni Arab Saudi, Iran, Uni Emirat Arab, Mesir hingga Ethiopia.

Pada perkembangannya, BRICS telah berkembang dan mulai dianggap sebagai tandingan kelompok ekonomi negara-negara Barat.

Statusnya ini turut membuat mereka mendapat perhatian lebih, termasuk dalam sikapnya atas konflik yang terjadi di dunia seperti Israel-Palestina.

Melihat daftar anggotanya, ada beberapa anggota BRICS yang menjadi pendukung kuat Palestina. Berikut ini di antaranya.

Negara BRICS Pendukung Palestina

1. Afrika Selatan


Afrika Selatan menjadi salah satu pendukung kuat Palestina. Aksinya bisa terlihat ketika mereka menyeret Israel ke Mahkamah Internasional (ICJ) atas tuduhan melakukan genosida di Jalur Gaza.

Mengutip ArabNews, dukungan Afrika Selatan kepada Palestina bukanlah tanpa alasan. Salah satu faktornya karena merasa tersentuh dengan nasib warga Palestina yang selalu mendapat perlakuan buruk di tanahnya sendiri.

Pada kasus ini, Afrika Selatan berkaca pada sejarahnya dulu. Sebagaimana diketahui, mereka pernah berada di bawah rezim apartheid yang kejam.

Sebelum menyeret Israel ke ICJ, Afrika Selatan juga menarik diplomatnya dari Tel Aviv pada awal November 2023.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)