3 Rudal Israel Buatan Amerika Serikat, Salah Satunya Membunuh Pendiri Hamas

Senin, 19 Agustus 2024 - 14:31 WIB
loading...
3 Rudal Israel Buatan...
AGM-114 Hellfire, satu dari tiga rudal terkuat Israel buatan Amerika Serikat. Foto/Military.com
A A A
JAKARTA - Rudal Israel yang kuat tak hanya berasal dari produksi dalam negeri saja. Sebagian besar, Tel Aviv juga mendapat sokongan dari sekutu-sekutunya, termasuk Amerika Serikat.

Sudah bukan rahasia bahwa AS telah banyak membantu Israel dalam sektor militer. Selain dana, Washington juga menyediakan bantuan berupa senjata-senjata mematikan.

Sebagai contoh, banyak bantuan senjata itu berupa rudal mengerikan.

3 Rudal Israel Buatan Amerika Serikat

1. AIM-120 AMRAAM


AIM-120 Advanced Medium-Range Air to-Air Missile (AMRAAM) merupakan salah satu rudal jarak menengah buatan Amerika Serikat. Berasal dari rangkaian rudal Sparrow, AMRAAM dirancang agar lebih cepat, lebih kecil, dan lebih ringan daripada Sparrow.



Rudal ini diproduksi Raytheon, yang awalnya hanya untuk Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) saja. Namun, seiring waktu senjata ini mulai dikirim ke negara-negara sekutu AS, terutama Israel.

AMRAAM memiliki panjang 3,6 m, diameter 17,7 cm, dan lebar sayap 52,5 cm. Sementara untuk berat peluncuran mencapai 150,7 kg.

Rudal ini dapat membawa hulu ledak fragmentasi berdaya ledak tinggi seberat 18,1 kg. Jangkauan maksimumnya antara 30 km hingga 180 km tergantung pada variannya.

AMRAAM terintegrasi dengan pesawat tempur seperti F-15, F-16, F/A-18, F-22, Typhoon, Gripen, Tornado, Harrier, F-4 hingga F-35 Joint Strike Fighter. Israel biasa menggunakannya untuk senjata jet tempur F-15 atau F-16 yang juga didapat dari Amerika Serikat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)