Profil Muhammad Yunus, Peraih Nobel yang Kini Jadi PM Sementara Bangladesh

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 13:34 WIB
loading...
A A A
Dia pernah menyebut Hasina sebagai “pengisap darah".



Pada bulan Januari, Yunus dihukum karena melanggar undang-undang ketenagakerjaan Bangladesh dalam persidangan yang dikecam oleh para pendukungnya karena bermotif politik.

Tahun lalu, lebih dari 100 peraih Nobel menandatangani surat terbuka yang menyerukan agar dakwaan tersebut ditangguhkan.

Amnesty International mengatakan kasus tersebut "melambangkan keadaan hak asasi manusia yang terkepung di Bangladesh, di mana pihak berwenang telah mengikis kebebasan dan memaksa para pengkritik untuk tunduk".

Muhammad Yunus lahir pada tahun 1940 di Chattogram, sebuah kota pelabuhan di Bangladesh. Dia menerima gelar doktor dari Universitas Vanderbilt di Amerika Serikat dan mengajar di sana sebentar sebelum kembali ke Bangladesh.

Dalam wawancara tahun 2004 dengan Associated Press, Yunus mengatakan bahwa dia memiliki "gerakan eureka" untuk mendirikan Grameen Bank ketika dia bertemu dengan seorang perempuan miskin yang menenun bangku bambu yang sedang berjuang membayar utangnya.

"Saya tidak dapat mengerti bagaimana dia bisa begitu miskin ketika dia membuat barang-barang yang begitu indah," kenangnya dalam wawancara tersebut.

Seorang ekonom dan bankir berdasarkan profesinya, Yunus dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2006 karena memelopori penggunaan kredit mikro untuk membantu orang-orang miskin, khususnya perempuan.

Dia dianggap berjasa mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)