Profil Muhammad Yunus, Peraih Nobel yang Kini Jadi PM Sementara Bangladesh

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 13:34 WIB
loading...
A A A
Komite Penghargaan Nobel Perdamaian memuji Yunus dan Grameen Bank miliknya "atas upaya mereka untuk menciptakan pembangunan ekonomi dan sosial dari bawah."

Sebuah profil Guardian tentang dirinya yang ditulis ketika dia memenangkan penghargaan tersebut menggambarkannya sebagai "orang yang sangat miskin seperti Bill Gates yang sangat miskin terhadap perangkat lunak komputer. Hanya saja bisnis Yunus berkembang pesat dalam lingkungan bisnis yang jauh lebih keras daripada Seattle yang rindang."

Yunus mendirikan Grameen Bank pada tahun 1983 untuk menyediakan pinjaman kecil bagi para pengusaha yang biasanya tidak memenuhi syarat untuk menerimanya.

Keberhasilan bank dalam mengangkat orang keluar dari kemiskinan menyebabkan upaya pembiayaan mikro serupa di negara-negara lain.

Dia mengalami masalah dengan Hasina pada tahun 2008, ketika pemerintahannya meluncurkan serangkaian penyelidikan terhadapnya.

Dalam sebuah wawancara awal tahun ini, Yunus tidak mau menjelaskan alasan permusuhan Hasina, tetapi orang lain mengaitkannya dengan usahanya yang gagal untuk mendirikan partai politik pada tahun 2007.

Selama penyelidikan, Hasina menuduh Yunus menggunakan kekerasan dan cara lain untuk mendapatkan kembali pinjaman dari perempuan miskin di pedesaan sebagai kepala Grameen Bank.

Yunus membantah tuduhan tersebut.

Pemerintah Hasina mulai meninjau kegiatan bank tersebut pada tahun 2011, dan Yunus dipecat sebagai direktur pelaksana karena diduga melanggar peraturan pensiun pemerintah.

Dia diadili pada tahun 2013 atas tuduhan menerima uang tanpa izin pemerintah, termasuk Hadiah Nobel dan royalti dari sebuah buku.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)