alexametrics

Viral, Video Bocah Pimpin Demonstran Hong Kong Teriakan Yel-yel Protes

loading...
Viral, Video Bocah Pimpin Demonstran Hong Kong Teriakan Yel-yel Protes
Seorang bocah meneriakkan yel-yel aksi protes yang disambut oleh massa demonstran Hong Kong. Foto/Istimewa
A+ A-
HONG KONG - Sebuah video memperlihatkan seorang bocah memberikan komando kepada demonstran Hong Kong untuk meneriakkan yel-yel protes menggemparkan jagad dunia maya. Kejadian menggemaskan itu terjadi selama aksi demonstrasi besar-besaran yang berlangsung pada hari Minggu lalu.

Video yang diperoleh oleh Eyepress TV memperlihatkan seorang anak menggunakan jaket berwarna biru tengah berdiri di atas sebuah jembatan penyeberangan. Tepat di bawah sang bocah, lewat ribuan demontran dengan membawa sejumlah spanduk.

Kejadian menggemaskan itu pun terjadi. Tepat saat para demonstran lewat, anak kecil itu langsung meneriakkan yel-yel aksi protes yang dijawab oleh massa demonstran.





"Orang-orang Hong Kong," teriak sang bocah, yang kemudian disambut teriakan kerumunan massa: "Teruskan," seperti dikutip dari Insider, Selasa (20/8/2019).






Yel-yel tersebut adalah yel-yel yang kerap digunakan pada aksi unjuk rasa di Hong Kong sejak demonstrasi dimulai lebih dari dua bulan lalu.

Aksi itu terus dilakukan oleh bocah yang tidak diketahui namanya itu selama hampir satu menit.

Aksi protes di Hong Kong yang terjadi sejak dua bulan lalu dipicu oleh rencana undang-undang ekstradisi yang memungkinkan tahanan di kirim ke China daratan. Hal ini memicu kemarahan warga Hong Kong, yang melihatnya sebagai langkah Beijing untuk melakukan lebih banyak kontrol atas pulau itu.

Ketika Hong Kong kembali ke pemerintahan China pada tahun 1997, Beijing setuju untuk memberi warga Hong Kong lebih banyak kebebasan daripada warga negara daratan di bawah filosofi "satu negara, dua sistem". Banyak yang melihat RUU ekstradisi adalah upaya China untuk membatalkan kesepakatan itu.

Pada hari Minggu kemarin, hampir 2 juta orang menantang hujan untuk ambil bagian dalam apa yang disebut sebagai demonstrasi pro-demokrasi terbesar di pulau itu.

Sementara itu, China telah mengumpulkan pasukan di dekat perbatasan Hong Kong, menimbulkan kekhawatiran munculnya konfrontasi seperti Lapangan Tiananmen.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak